Berikut Perbandingan Harga BBM Indonesia dengan Negara Jiran Malaysia

- Sabtu, 2 April 2022 | 15:16 WIB

HARIAN HALUAN - Di saat banyak dari masyarakat Indonesia yang mengeluh dengan naiknya harga Minyak yang akan diikuti oleh sejumlah barang pokok lainya, situasi berbeda justru dirasakan oleh negara tetangga Malaysia, karena harga bahan bakar dijual mulai dari harga 7.000 ribu perliternya.

Sebelumnya Pemerintah melalui Pertamina telah resmi menaikan harga pertamax Harga Pertamax naik dari Rp. 9.000 menjadi Rp12.500 sampai Rp13.000 per liter pasca disahkan secara resmi oleh DPR. Kenaikan harga tersebut telah resmi diberlakukan sejak 1 April 2022.

Pemerintah mengklaim naiknya harga minyak di Indonesia disebabkan oleh krisis geopolitik saat ini mengakibatkan harga minyak dunia melambung tinggi di atas 100 dolar AS per barel.

Baca Juga: Menko Airlangga Ingatkan Camat Perhatikan Syarat Vaksinasi Booster Pemudik

Harga minyak mentah dunia pada Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari membuat harga keekonomian Pertamax melambung.

Dengan harga terbaru yang dirilis Pertamina itu, sangat kontras jika dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia.

Negara Malaysia mempunyai sistem yang berbeda dengan Indonesia salah satunya adalah dengan rutinnya diumumkan perpekannya oleh KPDNHEP mengenai Harga minyak yang berlaku untuk SPBU di Malaysia, tak terkecuali milik Petronas.

Baca Juga: Ternyata Ini Hukum Tradisi Maaf-maafan Menjelang Ramadhan

Mengutip dari laman KPDNHEP, harga terbaru bensin dengan oktan 95 atau RON 95 dijual di Malaysia seharga (Ringgit) RM 2,05 atau setara dengan Rp 6.998 per liter.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Sumber: CNBC

Tags

Terkini

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB

PLN Sumbar Kembali Adakan Light Up the Dream

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:52 WIB
X