Inilah Deretan Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Salah Satunya

- Senin, 4 April 2022 | 17:23 WIB
Ilustrasi Mata Uang (Ghina Atika)
Ilustrasi Mata Uang (Ghina Atika)

Inilah Deretan Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Salah SatunyaHampir setiap negara di dunia memiliki mata uang sendiri yang digunakan sebagai alat pembayaran. Namun, beda mata uang, berbeda pula nilainya. Karena itulah terdapat mata uang dengan yang tertinggi dan yang terendah.

Tinggi-rendahnya mata uang suatu negara dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap nilai mata uang yakni tingkat permintaan dan penawaran terhadap mata uang.

Selain itu, krisis ekonomi, pengaruh inflasi, komoditas negara, cadangan mata uang juga berpengaruh terhadap nilai mata uang suatu negara.

Berikut 7 mata uang terendah di dunia 2022, dirangkum dari laman Fxssi.

  1. Rial Iran (IRR)

Pada posisi pertama mata uang terendah di dunia adalah Rial Iran. Rial Iran atau yang memiliki kode IRR memiliki nilai tukar dengan Dolar AS mencapai nominal antara 40.000 hingga 42.290 ribu Rial Iran per 1 Dolar AS.

Untuk menyiasati tingginya nilai tukar Rial Iran terhadap Dolar AS, pemerintah Iran melakukan kebijakan dengan mengganti mata uang Rial Iran menjadi Toman dan juga memangkas empat nol pada mata uang Rial Iran.

  1. Dong Vietnam (VND)

Negara berikutnya yang memiliki nilai tukar terhadap Dolar AS yang cukup tinggi adalah Vietnam. Setiap 1 Dolar AS bisa ditukarkan dengan lebih dari 22.000 Dong Vietnam.

Hal ini akan menjadi semakin besar lagi jika Anda menukar uang Euro dengan Dong Vietnam, Anda akan mendapatkan lebih dari 25.000 Dong Vietnam.

Baca Juga: Intip Ribuan Mata Uang Islam dari Dinasti Umayyah Sampai Ottoman

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mudah Daftar Online BLT UMKM 2022

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:28 WIB

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X