Turki Alami Inflasi Dahsyat Hingga Tembus 61 Persen

- Rabu, 6 April 2022 | 23:18 WIB
Turki (Ghina Atika)
Turki (Ghina Atika)

Inflasi Turki saat ini menembus level tertinggi selama 20 tahun terakhir, yaitu 61,14 persen pada Maret 2022 lalu. Inflasi di Turki terjadi karena dampak dari perang Rusia-Ukraina karena harga energi dan komoditas yang meningkat.

Namun, jauh sebelum inflasi menembus 61 persen, ekonomi negara pimpinan Recep Tayyip Erdogan itu sudah terguncang sejak tahun lalu. Dari catatan redaksi, sejak April tahun lalu inflasi Turki sudah meroket di atas 16 persen akibat gonta-ganti gubernur bank sentral Turki dan kebijakan moneternya.

Kala itu, Naci Agbal lengser dari kursi gubernur bank sentral secara tiba-tiba, mengakibatkan penjualan mata uang lira rontok secara berjamaah.

Sebelum itu pun sebetulnya inflasi Turki telah bergejolak dalam enam bulan berturut-turut dan meroket dua kali lipat sejak empat tahun terakhir.

Agbal dicopot hanya empat bulan menjabat sebagai gubernur bank sentral. Sebelum Agbal, Erdogan sudah mengganti empat gubernur bank sentral. Kebijakan itu diyakini 'melukai' kredibilitas moneter Turki. Juga, membuat lira tertekan sehingga mendorong inflasi lewat aktivitas impor.

Seiring berjalan waktu, inflasi dan penurunan mata uang Lira kian memburuk hingga puncaknya pada November 2021 saat sekelompok pengunjuk rasa turun ke jalan di Istanbul. Sekitar 250 pengunjuk rasa sempat bentrok dengan polisi saat mengorasikan desakan agar Erdogan segera turun dari jabatannya.

Inflasi lira terus meroket hingga mencapai 15 persen terhadap dolar AS per Selasa (23/11) tahun lalu. Saat itu, per dolar AS seharga lebih dari 13 lira, sedangkan pada 2020, 1 dolar AS masih dihargai 8 lira.

Di Ibu Kota Ankara, puluhan pedemo juga turun ke jalan guna memprotes harga barang dan kebutuhan yang semakin tinggi akibat inflasi.

Baca Juga: Inflasi Dirasakan Masyarakat, Jokowi: Nggak Mungkin Kita Tidak Naikkan Harga BBM

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB

PLN Sumbar Kembali Adakan Light Up the Dream

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:52 WIB

Gencar Transaksi Afiliasi, Saham GoTo Meroket

Rabu, 22 Juni 2022 | 20:54 WIB
X