Garap Industri Baterai Kendaraan Listrik, Indonesia Gandeng Perusahaan Korsel dan Cina

- Senin, 18 April 2022 | 17:35 WIB
ilustrasi
ilustrasi

HARIAN HALUAN - Produsen baterai listrik asal Cina, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL) berhasil menjalin bekerja sama dengan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dan PT Indonesia Battery Corporation (IBC). Kerja sama tersebut terkait proyek integrasi baterai kendaraan listrik Indonesia.

Kabar tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) Toto Nugroho dalam keterangan tertulis pada Senin, 18 April 2022.

Ia mengatakan bahwa telah mengantongi investasi senilai US$ 15 miliar atau setara Rp 214,5 triliun (kurs Rp 14.300) dari dua perusahaan raksasa kemitraan yang dijalin.

Investasi ini nantinya akakn digunakan untuk memacu percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik berkelanjutan yang diyakini mampu membangkitkan gairah industri otomotif ramah lingkungan.

Dua Perusahaan yang menjalin kemitraan tersebut adalah Pertama adalah PT Aneka Tambang Tbk dengan korporasi asal China PT Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co. Ltd (CBL) untuk inisiatif proyek baterai kendaraan listrik terintegrasi. Kemitraan kedua adalah perjanjian serupa dengan LG Energy Solution, perusahaan asal Korea Selatan.

"Dengan adanya industri baterai terintegrasi ini, diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem electric vehicle," kata Toto.

Dalam keterngan tertulis itu Toto juga menjelaskan prospek jangka panjang lini bisnis yang akan dikembangkan oleh perseroan sejalan dengan adanya kemitraan ini bakal lebih luas, yakni tidak hanya berdampak pada industri baterai dari hulu hingga hilir sehingga bisa membuka lapangan kerja baru bagi para pekerja.

"Ini diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem electric vehicle, membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan TKDN, serta meningkatkan penggunaan baterai untuk kebutuhan lainnya," ujarnya

Atas pencapaian yang didapatkan tersebut pemerintah meelalui kementriannya memberikan dukungannya.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

S&P dan Nasdaq Melejit, Investor Makin Optimis

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:46 WIB

Jokowi: Stok Beras Nasional Capai 10,2 Juta Ton

Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:18 WIB

Indonesia Bakal Disalip Malaysia, Kok Bisa?

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:50 WIB
X