Terus Digempur Sanksi Barat, Ini 4 Cara Rusia Mempertahankan Negara Mereka

- Senin, 25 April 2022 | 22:13 WIB
Rusia (Ghina Atika)
Rusia (Ghina Atika)

Beberapa saat lalu Rusia telah menginvasi Ukraina, hal ini menimbulkan respon negatif dari berbagai negara. Negara barat langsung mengambil tindakan yaitu berupa menjatuhkan sanksi kepada negara Rusia.

Dikutip dari CNN Indonesia, pada Senin (25/4/22) Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa sekutu barat tidak berencana untuk mundur dari kebijakan tekanan ekonominya kepada Rusia. Setiap sektor ekonomi Rusia perlu membuat rencana jangka panjang berdasarkan kesempatan internal.

Sikap Putin yang seperti ini sebenarnya sudah diprediksi oleh beberapa pihak.  Karena Putin pastinya akan menyiapkan kebijakan yang mandiri di tengah beragam sanksi ekonomi dari negara barat.

Tahun 2014, Rusia sendiri telah mengambilalih Crimea dari Ukraina. Oleh karena itu, negeri beruang merah ini bersiap untuk beragam sanksi ekonomi dari negara barat yang akan dia terima.

Namun, setelah invasi yang dilakukannya kepada Ukraina cukup menyita perhatian publik global. Pasalnya sanksi yang didapat oleh Rusia skalanya tidak main-main.

Berikut cara Rusia mempertahankan dan hidup berdampingan dengan sanksi dari negara Barat:

Baca Juga: Cek Fakta: CNN Beritakan Hotel di Ukraina Dibom Oleh Rusia, Ini Faktanya

  1. Merobak Desain Mobil Produk Lokal

Lada, merek mobil domestik era-Soviet ternyata sangat bergantung pada suku cadang impor. Avtovaz, yang memproduksi Lada, dimiliki oleh pembuat mobil Prancis Renault.

Usai muncul berita bahwa Renault keluar dari pasar Rusia, Avtovaz mengungkapkan bahwa mereka akan segera mendesain ulang beberapa model Lada demi mengurangi ketergantungan dengan komponen impor Prancis.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiket Pesawat Meroket, Kemenhub Sentil Bos Garuda

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Ini Dia 5 Terkaya di Dunia, Siapa Sajakah?

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:02 WIB

Waspada Dampak Ekonomi Akibat Konflik China-Taiwan

Senin, 8 Agustus 2022 | 08:48 WIB
X