Emiten Sedang Berbagai Dividen, Saham Apa yang Menarik?

- Selasa, 26 April 2022 | 23:08 WIB
Ilustrasi Pasar Saham (Ghina Atika)
Ilustrasi Pasar Saham (Ghina Atika)

Emiten kelas kakap di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai membagikan dividen kepada investor mereka. Tak kurang dari 40 persen laba perusahaan disebar untuk pembagian dividen.

Sebut saja, PT Astra International Tbk (ASII) yang akan membagikan dividen Rp7,85 triliun pada Mei 2022. Dividen itu diambil dari perolehan laba tahun lalu yang mencapai Rp20,19 triliun atau hampir 48 persen dari keuntungan yang dikantongi perusahaan.

Kemudian, PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitratel juga akan membagikan dividen hingga sebesar 70 persen dari laba bersih perseroan dari tahun buku 2021.

Pada 2021, Mitratel mencatat laba bersih Rp 1,38 triliun atau naik 129,4 persen dibandingkan 2020, yaitu Rp602 miliar. Lompatan laba bersih anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) ini juga sejalan dengan pertumbuhan pendapatannya.

Sementara, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) baru saja menebar dividen tunai kepada pemegang saham sebesar Rp145 per saham. Dividen yang dibagikan ini nyaris mencapai 60 persen dari total laba bersih yang dibukukan BBCA tahun lalu, yakni sebesar Rp31,42 triliun.

Melihat aksi bagi-bagi dividen tersebut, wajar Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana merekomendasikan ketiga saham emiten di atas untuk dikoleksi. Apalagi, pelaku pasar masih memiliki waktu untuk ikut menikmati dividen yang ditebar oleh Astra International dan Mitratel.

Sedangkan BBCA yang meski sudah melakukan aksi bayar dividen, kinerjanya masih menunjukkan tanda positif yang membuat saham tersebut bagus untuk dikoleksi.

Selain itu, dalam pembagian dividen ada yang namanya cumulative date atau cum date, yakni tanggal penentuan bagi pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen dari perusahaan karena memegang saham tersebut.

Baca Juga: Investor Wajib Tahu, 25 Istilah Saham Sulit dan Artinya di Pasar Modal

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

S&P dan Nasdaq Melejit, Investor Makin Optimis

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:46 WIB

Jokowi: Stok Beras Nasional Capai 10,2 Juta Ton

Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:18 WIB
X