Perantau Wajib Baca, Begini Gambaran Biaya Hidup di Jakarta

- Senin, 9 Mei 2022 | 17:47 WIB
Ilustrasi Perantau (Ghina Atika)
Ilustrasi Perantau (Ghina Atika)

Pasca lebaran idul fitri, masyarakat mulai berbondong-bondong datang ke ibu kota. Seperti sebuah tradisi, masyarakat yang datang ke DKI Jakarta mengadu nasib mencari pekerjaan dan menjadi perantau. Namun, perlu dicatat sebelum Anda merantau sebaiknya patut mengetahui gambaran biaya hidup di Jakarta itu sendiri.

Jakarta memang miliki upah minimum provinsi (UMP) yang terbilang tinggi. Namun, standar gaji yang tinggi juga menggambarkan bahwa suatu daerah memiliki biaya hidup yang tinggi juga, seperti Jakarta.

Biasanya besaran biaya hidup di sebuah kota atau daerah disebabkan oleh beberapa faktor. Umumnya, semakin ramai suatu wilayah maka harga kebutuhan di tempat tersebut juga akan tinggi.

Lantas, berapa besarkah biaya hidup di Jakarta?

Mengutip berbagai sumber, Minggu (8/5/2022), berikut simulasi anggaran biaya hidup di Jakarta.

  1. Tempat Tinggal

Tempat tinggal di Jakarta memiliki harga yang tinggi, antara Rp 850 ribu-Rp 3 jutaan. Harga tersebut hanya berlaku untuk sejenis kos-kosan saja. Sementara itu, untuk biaya hidup tinggal di apartemen Jakarta (furnished dan non-furnished) dapat berkisar antara Rp 3,5 juta-Rp 38 juta per bulan. Mahalnya biaya sewa atau beli rumah di Jakarta juga menjadi faktor yang dipandang mempersulit hidup masyarakat ibu kota.

Salah satu faktor yang membuat biaya hidup di Jakarta mahal adalah rumah. Faktor ini masuk dalam kelompok kebutuhan non-makanan yang menyedot sekitar 64,96 persen pengeluaran masyarakat.

Harga rumah cenderung naik, baik pada level rumah kelas menengah dan atas dengan luasan mulai 70 meter persegi (m2) ke atas maupun kelas bawah mulai luasan 21 m2 hingga 42 m2. EVP Coordinator Consumer Finance Bank Mandiri Tardi sempat menyebutkan, kenaikan harga rumah bisa mencapai 20 kali lipat per tahun.

Baca Juga: Jelang Puncak Kedatangan Pemudik, Ini Langkah BPPD Sumbar Sambut Perantau Pulang Kampung

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Ketipu! Ini Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:07 WIB

BTI XL Dukung Kopdargab All Bikers se Indonesia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:04 WIB

IHSG Tertekan, Intip Saham Tahan Banting

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:24 WIB

Cobain Kakeibo, Teknik Menabung Ala Orang Jepang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:16 WIB
X