Banyak Perusahaan Nunggak Bayar THR, Apakah Benar Ekonomi Indonesia Sudah Pulih?

- Senin, 9 Mei 2022 | 19:00 WIB
THR (Ghina Atika)
THR (Ghina Atika)

Pemerintah terus menyuarakan bahwa pemulihan ekonomi pada tahun 2022 berjalan dengan baik. Menteri Keuangan Sri Mulyani turut unjuk suara dengan percaya diri bahwa ekonomi negeri bisa kembali ke 5 persen pada tahun ini.

Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktut Indonesia turut menunjukkan peningkatan, hal ini merupakan salah satu faktor dari adanya pemulihan ekonomi Indonesia. Pada Maret 2022 misalnya, PMI berada di posisi 51,3 atau berarti menunjukkan terjadi ekspansi bisnis di Indonesia.

Namun, tampaknya ekonomi yang berjalan baik itu tidak mencapai kalangan bawah. Bukannya pekerja makin sejahtera yanga da hanya pengaduan tunggakan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang semakin jelas disuarakan.

Berdasarkan data Posko THR Keagamaan Kementerian Ketenagakerjaan tahun ini, tercatat 4.058 laporan selama periode 8 April-26 April 2022.

Jumlah laporan tersebut mencakup 2.230 konsultasi online dan 1.828 pengaduan THR secara online. Dari angka itu, sudah terselesaikan sebanyak 1.779 laporan online. Sedangkan sisanya masih dalam proses.

Sebagai pembanding, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkapkan total pengaduan THR pada tahun lalu yang masuk ke posko THR Kemnaker hanya sebanyak 1.150 aduan.

Anggota Ombudsman Robert Na Endi Jaweng berpendapat walau secara angka jumlah laporan terkait THR tahun ini meningkat, namun belum bisa disimpulkan aduan riil meningkat. Pasalnya, pada tahun ini posko aduan juga dibuka secara daring, sehingga data aduan harus dipilah lagi.

Kendati begitu, Robert tak menampik secara objektif di lapangan masih banyak perusahaan yang belum bisa membayar THR sesuai ketentuan atau tepat waktu. Karenanya, dia meminta Kemnaker dan Dinas Ketenagakerjaan untuk memfasilitasi dialog bipartit untuk dicarikan solusi.

Apabila lewat tripartit, kedua pihak menyepakati skema pembayaran THR, namun pengusaha ingkar janji, maka sanksi yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2022 harus ditegakkan.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X