Momen Ramadan dan Lebaran, Nilai Transaksi E-Commerce Meningkat 38,43 Persen

- Selasa, 10 Mei 2022 | 17:27 WIB
Ilustrasi E-Commerce (Ghina Atika)
Ilustrasi E-Commerce (Ghina Atika)

Momen Ramadan dan Lebaran benar-benar sukses mendorong geliat perekonomian nasional seiring pemulihan pasca pandemi COVID-19. Tak terkecuali dalam hal transaksi melalui platform e-commerce, yang turut terdorong seiring dengan tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat saat Ramadan dan Lebaran.

Indonesian E-Commerce Association (idEA) mencatat total nilai transaksi melalui platform e-commerce di sepanjang momen Ramadan dan Lebaran tahun ini tumbuh sebesar 38,43 persen dibanding momen Ramadan dan Lebaran tahun lalu.

"Secara daya beli masyarakat umum cenderung konsumtif dan keinginan yang meningkat pada saat momen Ramadan dan Lebaran," ujar Head of Public Policy & Government Relations idEA, Rofi Uddarojat, dalam Market Riview IDXChannel, Selasa (10/5/2022).

Salah satu faktor yang mendorong kenaikan nilai transaksi di e-commerce adalah adanya Tunjangan Hari Raya (THR) pada momen Lebaran. Menurutnya, kenaikan nilai transaksi di e-commerce terjadi karena banyaknya  campaign dan promo yang dilakukan para pelaku usaha di platform e-commerce.

"Mereka menopang dengan berbagai macam campaign dan promo, yang saya kira itu mendorong e-commerce naik dalam Lebaran tahun 2022," katanya.

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) optimistis total nilai transaksi e-commerce hingga akhir tahun ini akan naik 31,1 persen secara year on year menjadi Rp526 trilun. Sementara dari sisi volume penjualan e-commerce diperkirakan meningkat 58,1 persen year on year menjadi 4.539 juta.

Pasar digital di Indonesia tumbuh subur seiring tuntutan masyarakat terhadap layanan yang sederhana, mudah dan efektif.

Hasil riset Google, Temasek, dan Bain & Company menyebut Indonesia sebagai pasar ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Total nilai penjualan atau gross merchandise value (GMV) Indonesia mencapai USD70 miliar pada 2021.

Baca Juga: Selama Pandemi, Penjualan di E-Commerce Tembus 3,1 Juta Transaksi per Hari

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X