Inilah Bedanya Pinjol, PayLater, dan Kartu Kredit

- Rabu, 11 Mei 2022 | 17:45 WIB
Credit Card (Ghina Atika)
Credit Card (Ghina Atika)

Paylater atau bayar nanti kian populer di kalangan masyarakat untuk berbelanja di e-commerce atau beli tiket pesawat di marketplace.

Paylater sendiri merupakan transaksi pembiayaan barang atau jasa. Institusi penyedia layanan akan memberikan dana talangan kepada peminjam untuk membayar transaksi barang atau jasa yang dibutuhkan.

Setelah itu, peminjam akan membayarnya dalam periode waktu tertentu. Salah satu institusi atau e-commerce yang menyediakan layanan paylater adalah Shopee dengan ShopeePayLater dan Gojek Indonesia dengan GoPayLater

Meski sama-sama meminjam, nyatanya paylater berbeda dengan pinjaman online (pinjol) dan kartu kredit.

Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putih Djarot mengatakan paylater merupakan sebuah istilah yang merujuk pada transaksi pembiayaan barang atau jasa, khususnya secara online.

Ia menekankan paylater adalah bentuk utang, pada dasarnya layanan tersebut memudahkan pembelian suatu produk atau jasa dengan cara menunda pembayaran atau berutang yang wajib dilunasi di kemudian hari.

Baca Juga: Mahasiswa Terlilit Pinjol hingga Ratusan Juta, Orang Tua Terpaksa Jual Aset

"Layanan paylater kini banyak ditawarkan oleh marketplace yang bekerjasama dengan lembaga jasa keuangan untuk memudahkan belanja," ujar Sekar kepada CNNIndonesia.com, Selasa (10/5).

Sementara, pinjol merupakan lembaga jasa keuangan yang bisa menyalurkan pinjaman tunai ke masyarakat. Dana yang disalurkan untuk peminjam berasal dari pemberi pinjaman (lender) yang berinvestasi di pinjol tersebut.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X