Resmi!! Aturan Penggunaan Rupiah dalam Kegiatan Internasional dalam Mendukung Perekonomian

- Rabu, 11 Mei 2022 | 19:07 WIB
Ilustrasi Rupiah (Ghina Atika)
Ilustrasi Rupiah (Ghina Atika)

HARIAN HALUAN - Kebijakan penggunaan mata uang rupiah dalam kegiatan internasional resmi diberlakukan Bank Indonesia (BI).

Sesuai Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 24/6/PBI/2022 tentang Kebijakan Penggunaan Rupiah pada Kegiatan Internasional. Ketentuan ini berlaku efektif pada tanggal 27 April 2022.

“Dampak dari kebijakan pengaturan penggunaan rupiah tersebut diharapkan mampu mendukung kestabilan nilai tukar rupiah, mendorong pendalaman pasar keuangan, dan mendorong perbaikan struktur ekonomi domestik,” disebutkan dalam aturan pada Rabu 11 Mei 2022.

Baca Juga: Sederet Jam Tangan Mewah Indra Kenz Bernilai Miliaran Rupiah Disita Polisi

Selain bertujuan untuk mendukung perkembangan perekonomian nasional, aturan ini juga bertujuan untuk membentuk pengaturan yang komprehensif yang meliputi seluruh aspek penggunaan rupiah pada kegiatan internasional.

Dalam aturan ini ditegaskan, prinsip utama penggunaan rupiah pada kegiatan internasional adalah penggunaan rupiah hanya dapat dilakukan di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dalam hal digunakan di luar wilayah NKRI.

Penggunaannya dapat dilakukan secara terbatas sepanjang memberikan dampak dan manfaat positif bagi perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Jelang Rilis Data Inflasi AS, Berikut Ini Rekomendasi Seri Fixed Rate

Adapun ruang lingkup penggunaan rupiah pada kegiatan internasional meliputi penggunaan rupiah di luar wilayah NKRI dan penggunaan rupiah oleh bukan penduduk di dalam wilayah NKRI.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X