Wajib Dicoba, 7 Daftar Saham Bank Terbaik Tahun 2022

- Rabu, 11 Mei 2022 | 22:12 WIB
Saham (Ghina Atika)
Saham (Ghina Atika)

Ada beberapa daftar saham bank terbaik 2022 yang bisa Anda jadikan pilihan dalam membeli saham dari sektor perbankan. Pasalnya, beberapa saham dari sektor perbankan menunjukkan performa yang baik dan mengalami kenaikan sejak awal tahun 2022.

Lantas, apa saja daftar saham bank terbaik 2022 yang bisa Anda coba? IDXchannel merangkum beberapa di antaranya sebagai berikut.

  1. Bank Bumi Arta

Saham Bank Bumi Arta dengan kode BEI BNBA ini memiliki performa yang sangat baik. Bank ini bahkan berhasil mencatatkan kenaikan laba bersih hingga 140% yoy dibandingkan tahun sebelumnya. Total laba yang dihasilkan mencapai Rp47,8 miliar. Selain itu, data nasabah yang bermasalah (NPL) bank ini juga terbilang kecil. Jumlahnya hanya 2,1% untuk NPL net dan 3,17% untuk NPL Gross. Semakin kecil nilai NPL maka semakin kecil pula jumlah nasabah bermasalahnya.

  1. Bank Mandiri

Daftar saham bank terbaik 2022 yang bisa Anda pilih berikutnya adalah Bank Mandiri. Performa Bank Mandiri juga dikenal sangat baik. Bank Mandiri mengalami kenaikan laba bersih sepanjang tahun 2021 sebesar 33% yoy dengan nilai mencapai Rp22,4 triliun. Tak hanya itu, kredit Bank Mandiri juga tercatat meningkat yakni dari total Rp763 triliun pada tahun 2020 menjadi Rp808 triliun pada September 2021.

  1. BRI

Saham Bank BRI dengan kode BBRI juga sangat populer. Saham BBRI banyak dijadikan investasi jangka panjang oleh para investor. Hal ini lantaran emiten bank yang satu ini memiliki fundamental yang sangat solid dan risiko kebangkrutan yang sangat minim. Tak hanya itu, BBRI juga menghasilkan laba yang terbilang besar bahkan ketika menghadapi situasi pandemi. Laba BBRI meningkat 5 triliun dibanding tahun 2020 yakni mencapai 19 triliun.

Baca Juga: Daftar Saham Berkah Setelah Liburan Panjang Lebaran yang Bisa Anda Miliki

  1. BCA

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Bank Central Asia (BCA) dengan kode BBCA ini memiliki performa yang sangat baik. Meski dilanda pandemi, Saham BCA (BBCA) tidak banyak mengalami kejatuhan. Bahkan, saham dari bank ini mampu masuk ke dalam status saham Blue Chip. Harga saham bank ini juga cenderung stabil pada tahun 2020 hingga 2021. Laba yang diperoleh dalam periode berjalan bahkan bisa mencapai angka Rp30 Triliun dan mengalami kenaikan kurang lebih Rp3 Triliun dibandingkan dengan tahun 2020 lalu.

  1. Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan bank hasil merger antara Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BNI Syariah. Meski baru, namun BSI memiliki potensi besar di tahun 2022. Hal ini tampak dari pencatatan profit pada tahun 2021 yang mencapai angka Rp2,8 triliun dengan aset sebesar Rp256,5 triliun sampai saat ini.

  1. Bank Bukopin

Setelah OJK mengeluarkan larangan bagi PT Bosowa Corporindo untuk tidak lagi menjadi pemegang saham, bank yang satu ini seperti mendapat angin segar. Menurut Pengamat dari Asosiasi Analis Efek Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan bahwa belakangan ini saham Bank Bukopin tampak cemerlang. Setelah sebelumnya, kisruh akan kepemilikan saham sebelumnya membuat performa bank ini menurun. Dengan kejelasan kepemilikan saham Bank Bukopin membuat bank ini semakin memiliki prospek yang baik di tahun 2022 ini.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mudah Daftar Online BLT UMKM 2022

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:28 WIB

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X