Berikut Ini 7 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

- Kamis, 12 Mei 2022 | 21:08 WIB
Ilustrasi Minyak Bumi (Ghina Atika)
Ilustrasi Minyak Bumi (Ghina Atika)

Ada sejumlah negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Di tengah sentimen harga minyak dunia yang tengah tinggi, sejumlah negara ini justru menjadi negara yang mampu menghasilkan minyak bumi secara berlimpah. Negara-negara penghasil minyak bumi ini memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah ruah bahkan kerap diekspor ke mancanegara.

Lalu, apa saja negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia? Simak ulasan yang telah dirangkum, beberapa diantaranya sebagai berikut.

7 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

  1. Venezuela

Venezuela menjadi salah satu anggota OPEC atau Organization of the Petroleum Exporting Countries. Sebagai negara anggota OPEC, Venezuela menjadi negara penghasil minyak bumi terbesar dengan total cadangan luar biasa yakni mencapai 308,11 miliar barel. 

Meski total cadangan minyak bumi Venezuela melimpah, namun negara ini diisukan mengalami krisis dan perekonomiannya anjlok hingga 80 persen pada 2013 hingga 2021. Kini, perusahaan minyak di Venezuela yaki PDVSA dan Chevrin memiliki eksplorasi migas berskala besar baik dalam bentuk daratan maupun lepas pantai.

  1. Arab Saudi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Arab Saudi merupakan negara penghasil minyak terbesar di dunia. Hingga saat ini, cadangan minyak bumi di Arab Saudi mencapai 297,53 miliar barel dan cukup banyak untuk kebutuhan lokal hingga domestik. Pengelola minyak bumi di negara ini sepenuhnya dikelola oleh Saudi Aramco.

 Baca Juga: Kejagung Periksa Dua Saksi Inisial LCW dan NS Terkait Kasus Pemberian Fasilitas Ekspor CPO Minyak Goreng

  1. Kanada

Negara penghasil minyak bumi ketiga yakni Kanada. Negara ini memiliki cadangan minyak bumi hingga mencapai 168,09 miliar barel. Salah satu perusahaan minyak yang terkemuka di negara ini adalah Petro-Canada dan Talisman Energy yang juga beroperasi di Indonesia.

  1. Iran

Iran yang berada di kawasan Timur Tengah juga menghasilkan minyak bumi dengan jumlah yang berlimpah. Cadangan minyak bumi di Iran saat ini mencapai 157,8 miliar barel. Tak hanya digunakan untuk kebutuhan domestik, negara ini juga kerap mengekspor minyak bumi ke mancanegara.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X