Pahami 3 Metode Penentu Valuasi Saham Sebelum Berinvestasi

- Kamis, 12 Mei 2022 | 21:12 WIB
Saham (Ghina Atika)
Saham (Ghina Atika)

Metode penentu valuasi saham terdiri beberapa cara yang sangat wajib diketahui para investor. Valuasi adalah perhitungan nilai perusahaan dengan mempertimbangkan kualitas manajemen, struktur modal, total aset, dan pendapatan yang diharapkan.

Valuasi ini penting untuk semua bisnis besar dan kecil, terutama yang masih membutuhkan pembiayaan untuk tumbuh. Valuasi suatu perusahaan dapat berfluktuasi tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tersebut.

Metode Valuasi Saham

  1. Valuasi Absolut (Absolute Valuation)

Metode untuk menemukan nilai intrinsik atau "nyata" dari suatu investasi berdasarkan analisis fundamental. Dengan menganalisis fundamental, ini berarti investor hanya akan fokus pada hal-hal seperti dividen perusahaan, arus kas, dan tingkat pertumbuhan.

  1. Valuasi Relatif (Relative Valuation)

Penilaian relatif digunakan untuk menilai satu perusahaan relatif terhadap perusahaan lain berdasarkan rasio tertentu, salah satunya adalah rasio P/E.

Misalnya, jika rasio P/E suatu perusahaan lebih kecil dari kelipatan P/E rasio perusahaan lain dalam industri yang sama, perusahaan cenderung undervalued. Biasanya, model penilaian relatif mudah dihitung dan jauh lebih cepat daripada model penilaian absolut, itulah sebabnya banyak investor memulai analisis mereka dengan model ini.

Baca Juga: Tak Hanya Pariwisata, Investasi Industri Pertanian Cukup Menjanjikan di Sumbar, Sebut Brian Putra Bastara

  1. Discounted Cash Flows

Secara teori, metode ini merupakan metode penilaian bisnis yang cukup luas. Metode perhitungan ini sering diajarkan di perguruan tinggi. Dalam perhitungan ini, setiap aset adalah nilai saat ini (present value) dari arus kas masa depan.

Investor akan membutuhkan banyak informasi sebelum menentukan nilai bisnis menggunakan discounted cash flows. Cara ini cukup teknis dan membutuhkan bantuan spreadsheet atau komputer untuk menghitungnya.Namun, pada praktiknya, investor bisa melakukan valuasi saham menggunakan rasio-rasio keuangan penting. Salah satunya adalah rasio harga saham terhadap laba per saham (Price-to-earning ratio atau rasio P/E).

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X