Perkenalkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Pengganti dari BI Checking yang Telah Dihapus

- Selasa, 17 Mei 2022 | 11:51 WIB
Bank Indonesia (Ghina Atika)
Bank Indonesia (Ghina Atika)

Jakarta, HarianHaluan.com - Salah satu faktor kunci yang membuat seseorang bisa mendapatkan persetujuan kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya adalah BI Checking.

BI Checking sendiri adalah layanan informasi yang berisikan pencatatan riwayat kredit debitur, baik yang berupa kelancaran maupun non-performing loan atau kegagalan pembayaran.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi BI, BI Checking atau IDI Historis menyimpan identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana atau pembiayaan yang diterima, agunan, penjamin, dan kolektibilitas.

Baca Juga: Mengenal BI Checking, Layanan Informasi yang Dapat Mengecek Skor Kredit Masyarakat, Begini Caranya!

Akan tetapi kini BI checking tak ada lagi. Dikutip dari laman konsumen.ojk.go.id, informasi tersebut kini berada di ranah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dengan nama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

SLIK adalah catatan informasi riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya. Informasinya mencakup kelancaran pembayaran kredit.

Mudahnya, di dalam SLIK ini berisi riwayat kredit yang pernah diambil. Misalnya si A memiliki KPR dan dia menunggak pembayaran 2 bulan.

Nah tunggakan atau tidak lancarnya pembayaran akan tercatat di SLIK. Begitupun sebaliknya, ketika lancar membayar cicilan, maka riwayat informasi kredit akan masuk dalam kategori lancar.

Baca Juga: Kendalikan Inflasi, Sultan Minta Pemda Tingkatkan Kolaborasi Bersama BI

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X