Fadli Zon Desak Pemerintah Cabut Larangan Ekspor CPO, Dinilai Rugikan Masyarakat, Petani dan Negara

- Selasa, 17 Mei 2022 | 14:56 WIB
Fadli Zon
Fadli Zon

HARIAN HALUAN - Politikus Gerindra asal Sumatera BaratFadli Zon meminta pemerintah untuk segera mencabut kebijakan larangan ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan perbaiki kebijakan persawitan Indonesia.

Hal itu diutarakan langsung melalui akun media sosialnya @fadlizon pada Selasa 17 Mei 2022, yang meminta pemerintah untuk mencabut kebijaksaan larangan ekspor CPO dan dan perbaiki kebijakan persawitan Indonesia secara matang, berikut target dan dampaknya..

Mantan Aktivis 98 ini juga menyebut, kebijakan larangan ekspor CPO sangat merugikan negara, petani maupun pengusaha sawit.

“Sesudah dua minggu lebih pemerintah memberlakukan kebijakan larangan ekspor CPO dan produk turunannya, kita kini bisa sama-sama melihat kebijakan tersebut memang tak berangkat dari kajian matang,” tulis Fadli Zon di akun twitternya.

Menurut Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen
Kebijaksaan tersebut sudah gagal mencapai tujuannya.

Hal itu terbukti kebijakan tersebut malah mendatangkan lebih banyak lagi kerugian, baik terhadap neraca perdagangan, maupun terhadap petani sawit dan produsen CPO.

“Selain gagal mencapai tujuannya, yaitu menurunkan harga minyak goreng eceran di dalam negeri, kebijakan tsb kini terbukti malah mendatangkan lebih banyak lagi kerugian, baik terhadap neraca perdagangan, maupun terhadap petani sawit dan produsen CPO kita,” tulis Fadli Zon menjelaskan.

Fadli Zon pun meminta pemerintah untuh segera membuka keran ekspor. Menurutnya, sesuai dengan kebijakan domestic market obligation (DMO) yang sudah ada sebelumnya.

"Segera saja buka lagi keran ekspor. Kan sudah ada DMO," ujar Fadli Zon.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X