Investor Wajib Tahu, Inilah Waktu Terbaik Cut Loss Saham

- Selasa, 17 Mei 2022 | 21:24 WIB
Saham (Ghina Atika)
Saham (Ghina Atika)

Kapan waktu terbaik cut loss saham? Banyak investor yang masih bingung menentukan waktu terbaik untuk melakukan hold maupun cut loss saham mereka. Menentukan waktu untuk cut loss dapat membantu Anda agar terhindar dari kerugian besar.

Lantas, kapan sebenarnya waktu terbaik cut loss? Agar lebih jelas, simak penjelasan lengkap berikut ini.

Melansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), cut loss merupakan istilah yang merujuk pada aksi menjual saham dengan harga lebih murah dibanding harga beli, sehingga investor menderita kerugian atau loss. Cut loss ini merupakan upaya yang dilakukan oleh investor untuk memotong kerugian (cut loss) agar kerugiannya tidak terlalu besar ketika saham Anda terus menerus terkoreksi.

Ketika harga saham telah mencapai batasan cut loss yang Anda tentukan, maka artinya kerugian telah mencapai kisaran angka tersebut dan Anda sudah bisa langsung menjual saham tersebut agar kerugian Anda tidak lebih besar dari batas itu.

Sementara itu, untuk menentukan titik cut loss saham, Anda bisa menentukannya berdasarkan harga beli dan titik support atau area harga yang diyakini sebagai titik terendah saham yang Anda pegang.

Adapun waktu terbaik untuk melakukan cut loss adalah apabila kondisi saham Anda telah berada dalam kondisi sebagai berikut.

  1. Harga Saham Terus Menurun

Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan cut loss jika harga saham yang Anda pegang terus-terusan mengalami penurunan. Sebab, mempertahankan saham yang terus mengalami masalah memang sangat tidak disarankan. Anda bisa mengetahui apakah saham tersebut dapat dipertahankan atau tidak dengan melihat arah pergerakan harganya apakah naik, turun, atau sideways dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan batasan yang Anda lakukan.

Baca Juga: Berikut Ini Penyebab Saham Perbankan Turun Meski Kinerja Baik

  1. Kerugian Telah Mencapai Batas

Anda bisa melakukan cut loss ketika kerugian yang Anda terima telah mencapai batas yang telah Anda tetapkan. Setiap investor memiliki batasan kerugian yang berbeda-beda bergantung kemampuan finansialnya. Ada yang menetapkan kerugian ketika telah mencapai, 5-10 persen. Ada juga yang menetapkan batas hingga 30%. Baik investor maupun trader, keduanya tentu tidak ingin mengalami kerugian yang besar.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mudah Daftar Online BLT UMKM 2022

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:28 WIB

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X