Wajib Tahu, Inilah Bedanya Allo Bank dan Bank Konvensional

- Rabu, 18 Mei 2022 | 23:40 WIB
Allo Bank (Ghina Atika)
Allo Bank (Ghina Atika)

Allo Bank merupakan bank digital yang dimiliki oleh Mega Corpora. Statusnya yang menjadi bank digital membedakan operasionalnya dengan perbankan konvensional atau bank-bank pada umumnya.

Merujuk pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor 12/POJK.03/2021 tentang Bank Umum, bank digital adalah bank berbadan hukum Indonesia (BHI) yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha terutama lewat saluran elektronik tanpa kantor fisik selain kantor pusat atau menggunakan kantor fisik terbatas.

Sementara, bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara secara konvensional dan memiliki kantor cabang di sejumlah daerah. Dalam kegiatannya, bank memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Sebagai bank digital, Allo Bank bertujuan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan mutu pelayanan bank kepada nasabahnya. Dengan akses digital ini, memungkinkan nasabah maupun calon nasabah untuk melakukan aktivitas perbankan secara online melalui aplikasi.

Berbeda dengan bank konvensional, Allo Bank memiliki fitur dan layanan yang lebih luas. Di antaranya pembayaran dengan uang elektronik, rekening tabungan, transfer dana, pembayaran tagihan dan pembelian, top up, pembayaran dengan QRIS, tarik tunai, pay later, dana instan, dan deposito.

Adapun fitur non finansial, seperti membership dengan keuntungan eksklusif, poin dan kupon, informasi promo spesial, berita dan info terbaru, serta pusat bantuan dengan fitur chat.

Baca Juga: Kasus Skimming Bank Nagari, Gubernur Sumbar Sampaikan Pesan ke Nasabah

Selain itu, Allo Bank juga menerapkan sistem tingkat keanggotaan. Terdapat tiga status keanggotaan bagi pengguna yang memberikan manfaat berbeda terkait jumlah poin dan kupon yang didapatkan oleh nasabah.

Pertama, pemula. status ini diberikan pada nasabah awal yang belum memiliki poin loyalitas. Seiring berjalannya waktu, nasabah bisa mengumpulkan lebih banyak poin loyalitas hingga mencapai 49.999 poin dan meraih keanggotaan berikutnya.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X