Inilah 3 Konglomerat Indonesia yang Kaya Berkat Minyak Goreng

- Kamis, 19 Mei 2022 | 21:43 WIB
Minyak Goreng (Ghina Atika)
Minyak Goreng (Ghina Atika)

Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan utama dapur masyarakat Indonesia. Namun, akhir-akhir ini harga minyak goreng sedang mengalami kenaikan yang drastis.

Namun, tahukah Anda bahwa di Indonesia ada konglomerat yang menguasai perdagangan minyak goreng tersebut. Bisa dipastikan bahwa ketika harga minyak goreng ini naik, mereka mendapat keuntungan besar

Ada tiga konglomerat yang memiliki bisnis dibidang minyak goreng ini. Seperti diketahui konglomerat yang kaya raya berkat minyak goreng memiliki beberapa produk dan merek dagang yang besar.

Lalu, siapakah tiga konglomerat tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Keluarga Widjaya

Keluarga Widjaja atau Grup Sinar Mas menjadi keluarga pemilik bisnis minyak goreng terkaya di Indonesia dengan kekayaan 9,7 miliar dollar AS atau setara Rp 139,5 triliun.

Di Tanah Air, Keluarga Widjaya berada di urutan kedua di daftar orang terkaya. Kekayaan Sinar Mas hanya kalah oleh Keluarga Hartono pemilik BCA dan Djarum.

Kelompok bisnis ini didirikan oleh Eka Tjipta yang meninggal pada Januari 2019 di usia 98 tahun. Empat putra tertua Widjaja mengawasi kerajaan bisnis yang dibangunnya, sementara yang lain membangun bisnis sendiri.

Salah satu perusahaan penyumbang pendapatan terbesar berasal dari minyak goreng.  Produk minyak goreng terkenalnya adalah Filma.

Bersama dengan Sudono Salim, Eka Tjipta sebelumnya juga sukses membuat produk minyak goreng Bimoli, namun kemudian pecah kongsi dengan Grup Salim. Selain sawit dan minyak goreng, bisnis Sinar Mas yang bergerak di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, kesehatan, dan telekomunikasi.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Sumbar Kembali Adakan Light Up the Dream

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:52 WIB

Gencar Transaksi Afiliasi, Saham GoTo Meroket

Rabu, 22 Juni 2022 | 20:54 WIB
X