Investor Pemula Wajib Tahu, Berikut 5 Cara Temukan Saham Bagus

- Jumat, 20 Mei 2022 | 13:36 WIB
Ilustrasi Investor (Ghina Atika)
Ilustrasi Investor (Ghina Atika)

Bagi investor pemula, ada beberapa cara temukan saham bagus yang perlu Anda ketahui. Saham menjadi sebuah instrumen investasi yang cukup digandrungi oleh banyak orang karena memiliki return yang cukup tinggi.

Namun, banyak sekali investor pemula yang belum mengetahui cara untuk menemukan saham yang cocok dan bagus untuk dibeli. Nah, berikut adalah cara temukan saham bagus yang perlu Anda ketahui:

Cara Temukan Saham Bagus

  1. Memahami Price to Earnings Ratio (PER)

Price to Earnings Ratio atau PER adalah rasio yang digunakan untuk menggambarkan perbandingan harga saham dengan keuntungan atau laba yang dihasilkan. Untuk memahaminya, Anda harus mengetahui cara menghitung PER dari sebuah perusahaan.

PER memiliki rumus = harga saham/EPS (Earning per Share). EPS merupakan laba bersih yang didapatkan melalui setiap lembar saham yang dibeli. Semakin kecil PER yang dimiliki oleh suatu perusahaan/emiten, maka harga saham akan semakin murah. Namun, tidak semua saham dengan harga murah memiliki fundamental yang baik.

Baca Juga: Pahami 3 Metode Penentu Valuasi Saham Sebelum Berinvestasi

  1. Memilih Saham Sektor Perbankan atau Consumer Goods

Sektor perbankan dan consumer goods menjadi pilihan yang aman untuk memulai berinvestasi saham. Saham-saham yang berada di sektor tersebut cenderung memiliki nilai yang baik dan tidak mudah turun. Anda bisa membeli saham dari emiten yang bergerak di sektor perbankan atau consumer goods sebagai awal dari perjalanan investasi Anda.

  1. Memeriksa Fundamental Saham

Sebelum memutuskan untuk membeli saham, periksalah portfolio perusahaan terkait. Analisis fundamental dari sebuah perusahaan berfokus pada aspek finansial dan nilai buku ekuitas dari saham.

Dengan memilih saham dari perusahaan yang memiliki fundamental baik, Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan mengurangi risiko kerugian yang bisa terjadi.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Sumbar Kembali Adakan Light Up the Dream

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:52 WIB

Gencar Transaksi Afiliasi, Saham GoTo Meroket

Rabu, 22 Juni 2022 | 20:54 WIB

Mau Kerja di Google Indonesia? Yuk Intip Gajinya

Selasa, 21 Juni 2022 | 20:42 WIB
X