Mengenal Bentuk-Bentuk Dividen untuk Investor Reksa Dana

- Selasa, 24 Mei 2022 | 14:42 WIB
Ilustrasi Investor (Ghina Atika)
Ilustrasi Investor (Ghina Atika)

Bentuk-bentuk dividen untuk investor reksa dana bervariasi dan tidak melulu dalam bentuk tunai. Salah satu keuntungan yang ditunggu seorang investor dalam berinvestasi adalah dividen. Pembagian laba dari emiten ini biasanya dilakukan dalam periode tertentu, biasanya satu tahun sekali.

Dividen juga diterima oleh investor reksa dana. Meski tidak selalu dalam bentuk cash, namun investor reksa dana juga menerima pembagian laba tahunan perusahaan ini.

Apa saja bentuk-bentuk dividen untuk investor reksa dana? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Bentuk-bentuk Dividen untuk Investor Reksa Dana

Selain saham, investasi reksa dana juga bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang. Dalam investasi reksa dana, Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari capital gain atau kenaikan harga, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari dividen yang dibagikan untuk investor reksa dana.

Pembagian dividen reksa dana ini tentu saja bergantung pada manajer investasi (MI) yang mengeluarkan produk reksa dana tersebut. Hal ini berarti bahwa tidak semua dividen dibagikan dalam bentuk tunai atau unit. Adapun bentuk-bentuk dividen untuk investor antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Investor Wajib Tahu, Inilah Waktu Ideal Memantau Pergerakan Saham

  1. Dividen yang Diinvestasikan Kembali

Salah satu bentuk dividen yang diberikan untuk investor reksa dana adalah dividen yang bisa diinvestasikan kembali atau reinvesting. Sebagian besar reksa dana umumnya menerapkan kebijakan tersebut agar hasil dividen dapat meningkatkan aktiva bersih (NAB) reksa dana.

  1. Dividen Berbentuk Unit Penyertaan

Tak hanya berbentuk reinvesting dividen, sejumlah reksa dana juga ada yang membagikan dividen dalam bentuk unit penyertaan kepada para investornya. Umumnya, dividen bentuk ini dapat ditemukan dalam reksa dana pendapatan tetap dimana portofolionya berisikan obligasi. Obligasi ini menawarkan imbal hasil berupa kupon yang dibayarkan secara rutin atau reguler. Kupon yang diberikan kepada investor tersebut dapat berbentuk unit penyertaan baru.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Sumbar Kembali Adakan Light Up the Dream

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:52 WIB

Gencar Transaksi Afiliasi, Saham GoTo Meroket

Rabu, 22 Juni 2022 | 20:54 WIB

Mau Kerja di Google Indonesia? Yuk Intip Gajinya

Selasa, 21 Juni 2022 | 20:42 WIB
X