Berikut 3 Emiten Batu Bara dengan Market Capital Terbesar

- Selasa, 24 Mei 2022 | 22:19 WIB
Batu Bara (Ghina Atika)
Batu Bara (Ghina Atika)

Ada beberapa emiten batu bara dengan market capital terbesar di tahun 2022 ini. Seiring dengan memanasnya harga batu bara sepanjang tahun ini banyak analis yang menilai bahwa pasar batu bara akan terus mengetat pada paruh kedua 2022.

Hal ini juga didukung oleh langkah sejumlah negara yang menjatuhkan sanksi kepada Rusia. Para analis menilai bahwa hal tersebut memberikan peluang yang baik bagi penambang batu bara Indonesia untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Rusia. Tak heran jika sejumlah emiten batu bara tercatat memiliki market capital yang besar tahun ini.

Apa saja emiten dengan market capital terbesar tahun ini? Beberapa di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga: PLN Optimalkan Limbah Batu Bara untuk Bangun Infrastruktur di Kalsel

3 Emiten Batu Bara dengan Market Capital Terbesar

  1. PT Adaro Energy Tbk (ADRO)

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) menjadi salah satu emiten yang turut merasakan keuntungan dari memanasnya harga batu bara. ADRO mengumumkan bahwa perusahaan ini telah mengirimkan sekitar 300.000 ton batu bara ke pembeli di Eropa. Harga batu bara yang meningkat juga menjadi peluang bagi ADRO dengan meningkatkan target volume penjualan yang jauh lebih tinggi pada 2022. Tak heran jika emiten yang satu ini memiliki kapitalisasi yang besar yakni mencapai Rp101,08 triliun.

  1. PT Bayan Resources Tbk (BYAN)

PT Bayan Resources Tbk (BYAN) berhasil masuk 10 besar emiten berdasarkan nilai kapitalisasi pasar saham (market cap) di Bursa Efek Indonesia (BEI).  Berdasarkan data perdagangan pada 9 Mei 2022, market capital Bayan Resources atau BYAN di BEI mencapai Rp157,92 triliun dan menempati posisi ke-10 dalam 10 daftar saham big caps.

Baca Juga: PLN Pastikan Pasokan Batu Bara Tercukupi di Tengah Fluktuasi di Pasar Internasional

  1. PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR)

PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) juga menjadi emiten yang cukup fenomenal tahun ini. Harga ADMR bahkan sudah 2.530% ke level Rp2.630 dari harga penawaran umum perdananya yang hanya Rp100 per saham. Nilai kapitalisasi pasar ADMR pun melesat menjadi Rp107,5 pada perdagangan Senin (9/5/2022). Nilai kapitalisasi ADMR juga tercatat mengalahkan induknya yakni PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Mandiri Area Padang Launching 4 Smart Branch

Jumat, 30 September 2022 | 17:31 WIB
X