Sosok Murat Ulker Orang Terkaya di Turki

- Rabu, 25 Mei 2022 | 19:58 WIB
Murat Ulker (Ghina Atika)
Murat Ulker (Ghina Atika)

Banyak yang beranggapan meneruskan bisnis keluarga lebih mudah dibandingkan merintis usaha sendiri. Nyatanya, perlu kecakapan untuk mengelola bisnis tersebut agar bisa berkembang. Hal itu dibuktikan oleh Murat Ülker.

Dilansir dari berbagai sumber, Murat adalah konglomerat asal Turki yang sukses dari membesarkan Yildiz Holding, perusahaan makanan dan minuman terbesar di kawasan Eropa Tengah dan Timur, Timur Tengah dan Afrika (CEEMEA).

Berkat tangan dinginnya, bisnis keluarga itu mampu merambah pasar global dan menjadikannya orang terkaya di Turki.

Lahir di Istanbul, Turki, 21 Maret 1959, Murat dibesarkan dari keluarga berada yang sederhana. Ayahnya, Sabri Ülker, mendirikan perusahaan biskuit ternama "Ülker" pada 1944.

Lepas SMA, Murat mempersiapkan diri untuk menjadi pewaris bisnis keluarga dengan mengambil jurusan administrasi bisnis di Universitas Bogazici, Turki.

Setelah itu, pada 1982, Murat memutuskan untuk belajar memanggang kue secara profesional di American Institut of Baking dan mengikuti sejumlah pelatihan di sana. Ia juga sempat bekerja di perusahaan roti Negeri Paman Sam, Continental Baking.

Pada 1984, Murat mulai bergabung ke perusahaan keluarga, Ülker Group. Kala itu, Ulker Group tidak hanya memproduksi biskuit tetapi mulai merambah ke produk lain seperti kukis, kraker hingga cokelat. Bahkan, perusahaan juga memiliki lini produksi tepung terigu sendiri.

Meski anak bos, Murat tak serta merta mendapatkan posisi tinggi. Awalnya, ia bekerja sebagai staf di bagian kontrol. Lalu, perlahan-lahan jabatannya naik, mulai dari asisten manager hingga general manager.

Tahun demi tahun berganti, bisnis Ülker Group pun kian beragam. Akhirnya, manajemen memutuskan untuk mengganti nama perusahaan menjadi Yildiz Holding pada 1989.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X