Telkom Indonesia Pastikan Investasi di Gojek Bukan Transaksi Afiliasi

- Kamis, 26 Mei 2022 | 11:22 WIB
Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Pujo Pramono dan Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza dalam Silaturahmi Media bersama Telkom, di Jakarta, Senin (25/4/2022). -  (Bisnis/Annisa Kurniasari Saumi)
Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Pujo Pramono dan Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza dalam Silaturahmi Media bersama Telkom, di Jakarta, Senin (25/4/2022). - (Bisnis/Annisa Kurniasari Saumi)

 

HARIAN HALUAN - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menjelaskan bahwa investasi yang dilakukan anak usahanya, Telkomsel di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek bukan merupakan transaksi afiliasi.

Penjelasan ini muncul beberapa hari setelah TLKM berada dalam sorotan seiring dengan laporan kerugian yang belum terealisasi (unrealized loss) dari perubahan nilai wajar investasi di perusahaan teknologi tersebut.

VP Investor Relation TLKM Andi Setiawan dalam penjelasan terhadap Bursa Efek Indonesia (BEI) mengemukakan bahwa tambahan investasi Telkomsel terhadap Gojek bukanlah transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang No. 81/995 tentang Pasar Modal (UUPM) dan Peraturan OJK No. 42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan (POJK 42).

Baca Juga: Kurangi Angka Kematian Ibu dan Anak, Genius Umar Beri Motivasi Kinerja Bidan di Kota Pariaman

Menurut Pasal 1 angka 3 POJK 42, transaksi afiliasi merupakan setiap aktivitas dan/atau transaksi yang dilakukan oleh perusahaan terbuka atau perusahaan terkendali dengan afiliasi dari perusahaan terbuka atau afiliasi dari anggota direksi, anggota dewan komisaris, pemegang saham utama, atau pengendali.

Hal ini juga termasuk setiap aktivitas dan/atau transaksi yang dilakukan oleh perusahaan terbuka atau perusahaan terkendali untuk kepentingan afiliasi dari perusahaan terbuka atau afiliasi dari anggota direksi, anggota dewan komisaris, pemegang saham utama, atau pengendali.

“Perlu kami sampaikan bahwa Gojek tidak memenuhi definisi Afiliasi menurut UUPM dan POJK 42,” kata Andi, Selasa (24/5/2022).

Dia mengatakan tidak terdapat kesamaan satu atau lebih anggota direksi dan/atau dewan komisaris antara Telkom Indonesia maupun Telkomsel dengan Gojek sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 1 angka 1 huruf c POJK 42. Selain itu, Telkomsel dan Gojek bukan merupakan perusahaan yang dikendalikan baik secara langsung ataupun tidak langsung oleh pihak yang sama sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 1 angka 1 huruf e POJK 42.

Baca Juga: Telkomsel Hadirkan Platform tSurvey.id untuk Buka Peluang Riset Digital Inovatif yang Mudah, Cepat, dan Akurat

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Bisnis.com

Tags

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X