Simak 5 Tips Investasi Reksa Dana Agar Untung Maksimal

- Jumat, 27 Mei 2022 | 20:37 WIB
Ilustrasi Investor (Ghina Atika)
Ilustrasi Investor (Ghina Atika)

Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Adakah tips investasi Reksa Dana agar cuan maksimal? Sebagai seorang pelaku investasi, ada baiknya jika kita memperhatikan beberapa hal agar investasi yang Anda lakukan mendapatkan hasil yang maksimal.

Reksa Dana merupakan salah satu instrumen investasi yang ramah bagi pemula. Banyak yang merekomendasikan investasi Reksa Dana untuk para calon investor yang ingin memulai berinvestasi saham.

Lalu, apa saja tips investasi Reksa Dana agar cuan maksimal? Simak penjelasan berikut:

  1. Mengenali Profil Risiko

Dalam berinvestasi, ada jenis investor berdasarkan profil risikonya. Profil risiko merupakan sebuah tingkat toleransi seorang investor terhadap risiko yang ada di dalam dunia investasi.

Ada 3 jenis profil risiko yang ada, yaitu Konservatif, Moderat, dan Agresif. Ketiga profil tersebut memiliki karakteristik masing-masing dalam mentolerir risiko yang ada pada saat melakukan investasi.

Anda bisa memahami terlebih dahulu profil risiko yang Anda miliki sebelum memulai berinvestasi Reksa Dana, agar kedepannya Anda bisa menentukan keputusan dengan lebih baik lagi dengan mempertimbangkan risiko yang ada.

  1. Gunakan Uang Dingin

Selain profil risiko, akan lebih baik jika Anda memakai uang dingin untuk menanamkan modal ke instrumen saham Reksa Dana. Ini bertujuan agar investasi yang Anda lakukan tidak mengganggu perencanaan keuangan yang telah Anda buat sebelumnya.

Kita tidak tahu apakah investasi kita akan berjalan dengan lancar atau tidak. Maka dari itu, Anda harus bijak dalam menggunakan uang untuk berinvestasi.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB

PLN Sumbar Kembali Adakan Light Up the Dream

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:52 WIB
X