Yuk Simak! Ibu Kota Baru Buka Banyak Lowongan Kerja

- Selasa, 7 Juni 2022 | 14:57 WIB
Ibu Kota Negara Baru (Ghina Atika)
Ibu Kota Negara Baru (Ghina Atika)

Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dikatakan akan menjadi pusat perekomonomian yang baru bagi masyarakat Indonesia. Ibu kota baru itu banyak membuka lowongan kerja untuk membangun perekonomian di sana.

Bambang Susanto selaku Kepala Otorita IKN mengatakan bahwa IKN akan membutuhkan banyak pekerja dan akan membuka hingga ratusan ribu lowongan pekerjaan. Pembangunan IKN yang terus dilakukan saat ini memberikan banyak kesempatan bagi penduduk lokal untuk berpartisipasi aktif dalam membangun ekonomi di ibu kota yang baru ini.

Bambang Susanto juga menambahkan bahwa dalam pembangunan dan pengembangannya, IKN memang akan membutuhkan banyak pekerja. Kebutuhan dasarnya terutama yakni pekerja lapangan untuk pembangunan IKN sehingga target-target yang sudah ditetapkan bisa lebih cepat tercapai.

Menurut Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, dalam pembangunan dan pengemabangannya, IKN memang akan membutuhkan banyak pekerja. Kebutuhan dasarnya terutama yakni pekerja lapangan untuk pembangunan IKN sehingga target-target yang sudah ditetapkan dapat lebih cepat tercapai. Adapun untuk jumlahnya, Bambang mengungkapkan ada sebanyak ratusan ribu pekerja.

Baca Juga: Ketahui Harta Karun yang Terpendam di Perut Bumi IKN Nusantara, Migas, Andesit hingga Emas dan Perak

“Diperkirakan tahun 2023 kami akan menampung sekitar 150 hingga 200 ribu pekerja lapangan,” jelas Bambang dalam konferensi pers, Minggu (5/6).

Sementara itu, Bambang menjelaskan alasan mengapa kebutuhan pekerjanya hingga sebanyak itu, lantaran menurutnya pada pelaksanaannya (pembangunan IKN-red), ini dibutuhkan pekerja dan jumlah material yang cukup banyak agar beberapa target dapat terpenuhi.

Meski demikian, Bambang Susantono tidak menjelaskan apakah akan dilakukan proses rekrutmen besar-besaran atau tidak untuk memenuhi kebutuhan ratusan ribu lowongan ini. Bambang hanya menegaskan bahwa ratusan ribu pekerja tersebut akan digunakan mulai tahun depan.

Pada paruh kedua 2022 ini, pengembangan IKN telah mulai difokuskan pada beberapa pekerjaan lapangan terutama proses pematangan tanah. Tak hanya itu, pekerjaan juga sudah difokuskan pada akses jalan untuk logistik maupun kebutuhan pembangunan infrastruktur.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia 5 Terkaya di Dunia, Siapa Sajakah?

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:02 WIB

Waspada Dampak Ekonomi Akibat Konflik China-Taiwan

Senin, 8 Agustus 2022 | 08:48 WIB

Simak 5 Trik Investasi Saat Resesi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 22:51 WIB

10 Investor Terkaya Indonesia dan Dunia

Rabu, 3 Agustus 2022 | 22:40 WIB
X