Fenomena Saham Gocap Masih Banyak Ditemui, Ini Cara Agar Tidak Tersangkut

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:53 WIB
Ilustrasi Saham Gocap (Dok. Kontan) (Ida Farida)
Ilustrasi Saham Gocap (Dok. Kontan) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Emiten yang dijuluki saham gocap yang harga sahamnya berada di level Rp50 masih banyak ditemui. Saham Rp50 ini tersebar di berbagai sektor. Artikel ini mengulas cara agar tidak tersangkut di saham gocap.

Untuk lebih jelasnya, saham gocap di ranah emiten properti dan real estate di antaranya ada PT DMS Propertindo Tbk (KOTA), PT Repower Asia Indonesia Tbk (REAL), PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG), PT PP Properti Tbk (PPRO), dan PT Bakrieland Development Tbk (ELTY).

Sementara untuk kelompok saham gocap di sektor transportasi dan logistik ada PT Dewata Freightinternational Tbk (DEAL), PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI), dan PT Putra Rajawali Kencana Tbk (PURA). Selain itu, ada juga saham gocap di sektor energi, yaitu PT Ginting Jaya Energi Tbk (WOWS), PT Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI), dan PT Pelayaran Nasional Bina Buana Raya Tbk (BBRM).

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar Kripto Jatuh Hingga di Bawah 1Triliun Dolar AS

Di sektor konsumer, perindustrian, dan barang baku diketahui ada PT Saraswati Griya Lestari Tbk (HOTL), PT Andalan Perkasa Abadi Tbk (NASA), PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS), PT Citatah Tbk (CTTH), PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), dan PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU).

Bahkan emiten yang baru berstatus Initial Public Offering (IPO) tahun ini ada yang masuk ke dalam lingkup saham gocap, yaitu PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk (BAUT). Saham ini sejak 6 Juni 2022 tersangkut di harga Rp50.

Kendati demikian, terdapat saham gocap yang masih menunjukkan pergerakan meskipun tersangkut di harga Rp50. Beberapa di antaranya ada PT Sentul City Tbk (BKSL), disusul PT Estika Tata Tiara Tbk (BEEF) yang harganya Rp51, dan PT Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS) seharga Rp52.

Faktor Penyebab Munculnya Fenomena Saham Gocap

Wisnu Prambudi Wibowo, Head of Research Analyst FAC Sekuritas membeberkan sejumlah faktor yang membuat saham terperosok dan bertahan di angka Rp50. Penyebab fenomena ini terjadi yaitu perusahaan yang berkinerja buruk, prospek bisnis sedang suram, dan perusahaan terkena kasus hukum. Selain itu juga diduga kuat karena adanya regulasi yang membuat bisnis perusahaan sulit bertumbuh.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: kontan.co.id

Tags

Terkini

Tips Memilih Broker Asuransi Terbaik Agar Tak Kecewa

Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:58 WIB

Jangan Ketipu! Ini Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:07 WIB

BTI XL Dukung Kopdargab All Bikers se Indonesia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:04 WIB

IHSG Tertekan, Intip Saham Tahan Banting

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:24 WIB

Cobain Kakeibo, Teknik Menabung Ala Orang Jepang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:16 WIB
X