Gencar Transaksi Afiliasi, Saham GoTo Meroket

- Rabu, 22 Juni 2022 | 20:54 WIB
GoTo (Ghina Atika)
GoTo (Ghina Atika)

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau dikenal juga dengan nama GoTo Group merupakan ekosistem digital terbesar di Indonesia. GoTo sendiri memiliki misi mendorong kemajuan dengan menawarkan infrastruktur teknologi dan solusi bagi semua orang untuk mengakses perkembangan ekonomi digital.

GoTo sendiri memiliki berbagai layanan seperti transportasi on-demand, e-commerce, pengiriman makanan dan bahan makanan, logistik dan pemenuhan, serta layanan keuangan dan pembayaran melalui platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Selain memiliki layanan yang luar biasa, GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini memiliki saham teknologi yang cukup kuat di bursa saham. Saham GoTo terus menguat setelah pengumuman lima kali transaksi afiliasi pada 17 Juni dan 20 Juni lalu, dengan total transaksi sebanyak Rp 210 miliar.

Pada perdagangan hari ini (22/6/22) pukul 9.24 WIB, saham GoTo naik 4 poin atau sekitar 1,06 persen sehingga menjadi Rp 382. Sepanjang pagi ini, saham GoTo terus bergerak pada angka Rp 374 – Rp 386. Dalam kurun waktu sebulan saja, saham GoTo sendiri naik 29,05 persen.

Belakangan ini GoTo sendiri gencar melakukan transaksi afiliasi, hal ini ditujukan untuk penguatan grup mereka. R.A Koesoemohadiani selaku sekretaris perusahaan GoTo menyampaikan bahwa transaksi pertama GoTo mengambil alih 4000 saham PT Semangat Empat Lima (SEL) melalui PT Semangat Bambu Runcing (SBR) dengan cara pengeluaran saham baru oleh PT Semangat Empat Lima (SEL) yang diambil bagian oleh PT Semangat Bambu Runcing (SBR). Transaksi afiliasi ini memiliki total sebesar Rp 40 miliar.

Baca Juga: Inves di Goto Bukan Cari Cuan Harian atau Mingguan, tapi Prospek ke Depan

Selanjutnya, transaksi kedua juga ditangani oleh PT Semangat Bambu Runcing (SBR) dengan nilai Rp 18,4 miliar. PT Semangat Bambu Runcing (SBR) mengambil alih 18.400 saham baru PT Roda Bangun Selaras (RBS). PT Roda Bangun Selaras (RBS) sendiri merupakan investor dari layanan logisitik yang bernama AnterAja.

Transaksi ketiga, anak usaha GOTO yakni PT Tokopedia mengambil alih 58.400 saham baru PT Semangat Bambu Runcing (SBR). Transaksi afiliasi yang dilakukan Tokopedia ini senilai Rp58,4 miliar. Adapun PT Semangat Bambu Runcing (SBR) sendiri merupakan salah satu pemegang saham PT Net Visi Media Tbk. (NETV).

Selain ketiga transaksi tersebut, GOTO juga melakukan transaksi afiliasi kepada anak usahanya di luar negeri. GOTO melalui Viet Lotus International Joint Stock Company atau Viet Lotus melakukan penyetoran modal tambahan di Go Car Technology Company Limited senilai VND 140,6 miliar. Jumlah ini setara dengan US$ 6,25 juta atau sekitar Rp 92 miliar.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: Bisnis.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Sumbar Kembali Adakan Light Up the Dream

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:52 WIB

Gencar Transaksi Afiliasi, Saham GoTo Meroket

Rabu, 22 Juni 2022 | 20:54 WIB

Mau Kerja di Google Indonesia? Yuk Intip Gajinya

Selasa, 21 Juni 2022 | 20:42 WIB
X