Cara Membuat Nama Brand Agar Lebih Dikenal Oleh Target Market

- Kamis, 23 Juni 2022 | 20:17 WIB

HARIAN HALUAN - Setelah mendapatkan ide yang cemerlang dan membuat perencanaan bisnis seperti menentukan target market, mencari cara untuk memasarkan produk, dan menentukan modal yang cukup untuk menjalankan bisnis tersebut. Ada hal penting lainnya yang harus dilakukan, yaitu mencari elemen-elemen penting untuk membuat nama dari sebuah brand. Namun, hal itu tampaknya menjadi hal yang sulit untuk dilakukan oleh para pemula dan itu adalah hal yang normal.

Nama brand merupakan sesuatu yang tidak bisa secara sembarangan dalam menentukannya. Karena nama brand ini akan menjadi hal yang akan diingat oleh target market bisnis Anda selama-lamanya. Apalagi jika Anda berencana untuk mendaftarkan nama brand atau merek dengan menggunakan jasa pendaftaran merek, pastilah harus lebih berhati-hati karena setelah itu, nama merek tersebut akan menjadi trademark dari bisnis Anda dan akan tercatat secara hukum.

Langkah-Langkah Dalam Menentukan Nama Brand

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan agar nama merek Anda bisa dengan mudah diingat oleh target market dan lebih unik bila dibandingkan dengan kompetitor. 

Membuat Strategi Bisnis

Sebelum membuat nama merek, ada baiknya untuk memiliki strategi bisnis dahulu agar bisa menemukan nama yang tepat. Ketahuilah pula keunikan yang dimiliki oleh produk Anda, apa saja hal yang menjanjikan bila menggunakan produk Anda, dan kemana arah dari strategi bisnis Anda.

Melakukan Riset Pasar, Konsumen, dan Kompetitor

Pahamilah lebih jauh bagaimana keadaan pasar Anda sebelum menentukan nama brand. Cari tahu dan pelajarilah bagaimana kompetitor memberikan nama brand mereka dan bagaimana reaksi orang-orang tentang nama brandmereka. Carilah celah dan kesempatan bisnis Anda lalu cobalah tentukan nama merek berdasarkan sesuatu hal yang bisa mengisi celah dan memaksimalkan kesempatan tersebut.

Mencari Tahu Pesan Apa Yang Akan Disampaikan Kepada Konsumen

Ketika Anda sudah memahami apa saja yang sudah ada pada suatu pasar dari kompetitor, dan apa yang diinginkan konsumen dari suatu brand dalam pasar tersebut, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan brand positioning. Gunakan hal tersebut bersama-sama dengan brand promise (hal yang dijanjikan oleh suatu merek) untuk menentukan nama merek yang memungkinkan. Lalu cobalah untuk mengidentifikasi ciri khas unik dari brand Anda.

Bertukar Pikiran Dengan Lebih Terbuka

Bersama dengan anggota tim yang Anda punya, cobalah untuk bertukar pikiran dengan mereka. Bahkan terimalah dan jangan banyak menilai ide-ide aneh yang tidak biasa. Bisa saja dari pikiran gila itulah yang dapat memunculkan ide brilian. Lihatlah brand Anda dari berbagai aspek, fokuslah terhadap masing-masing kelebihan, pertimbangkanlah semua audiens yang ada, dan buatlah daftar dari pikiran tersebut sebanyak yang Anda bisa. Pastikan untuk mengikutsertakan sisi konsumen dan sumber-sumber terpercaya dalam proses brainstorming jika memungkinkan.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Terkini

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Anak

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:47 WIB

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB
X