Muncul Usulan Baru, Hanya Motor & Mobil Umum yang Bisa Beli Pertalite

- Kamis, 30 Juni 2022 | 13:02 WIB
Tanggapan SPBU hingga Warga Tasikmalaya Soal Pembeli Solar dan Pertalite Wajib Terdaftar di Aplikasi MyPertamina. (Foto: Sinar Jabar/Ahmad Fauzi)
Tanggapan SPBU hingga Warga Tasikmalaya Soal Pembeli Solar dan Pertalite Wajib Terdaftar di Aplikasi MyPertamina. (Foto: Sinar Jabar/Ahmad Fauzi)

HARIANHALUAN - Badan Anggaran DPR menolak usulan pemerintah yang mengkriteriakan larangan beli Bahan Bakar Minyak (BBM) berdasarkan spesifikasi kendaraan ber Cubicle Centimeter (CC) di atas 2.000.

Pihaknya justru mengusulkan untuk kendaraan mobil pribadi dilarang untuk membeli Pertalite dan Solar Subsidi.

Baca Juga: Simak! Cara Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar Subsidi

Ketua Banggar DPR, Said Abdullah mengatakan bahwa, tidak fair apabila pembatasan pembelian Pertalite dilihat dari CC mobil tersebut.

"Yang boleh menggunakan Pertalite hanya roda dua dan kendaraan umum, di luar itu tidak boleh, kalau pendekatannya CC mobil itu tidak fair," ungkap Said dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis, 30 Juni 2022.

Baca Juga: Catat! Mau Beli Pertalite dan Solar Harus Daftar Dulu Mulai 1 Juli, Berikut Linknya

Alasan Said tak setuju jika pembatasan Pertalite dilihat dari CC Mobil karena, saat ini CC mobil yang kecil memang didesain sedemikian rupa agar lebih efisien menggunakan bahan bakar.

"Sesungguhnya orang yang punya mobil pribadi sudah engga berhak dapat subsidi berapapun CC mobilnya. Itu sudah tidak menjadi isu sesungguhnya. Kalau pengen subsidi tepat sasaran adalah roda dua dan kendaraan umum, itu saja," tandas Said.

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Saleh Abdurrahman menyatakan, untuk JBKP atau Pertalite, kendaraan yang dilarang membeli Pertalite diantaranya adalah Mobil Mewah dengan Cubicle Centimeter (CC) di atas 2.000 dan juga kendaraan bermotor mewah.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memilih Broker Asuransi Terbaik Agar Tak Kecewa

Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:58 WIB

Jangan Ketipu! Ini Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:07 WIB

BTI XL Dukung Kopdargab All Bikers se Indonesia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:04 WIB

IHSG Tertekan, Intip Saham Tahan Banting

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:24 WIB

Cobain Kakeibo, Teknik Menabung Ala Orang Jepang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:16 WIB
X