Terjadi Lagi, Perusahaan Pengembang Properti di China Terkena Default Rp 14,96 T

- Selasa, 5 Juli 2022 | 22:18 WIB
Ilustrasi Properti (Ghina Atika)
Ilustrasi Properti (Ghina Atika)

Kinerja sektor perperti di China nampaknya sedang redup pada tahun ini. Kondisi ini terjadi usai perusahaan pengembang Shimao Group Holdings Ltd gagal membayar surat utang senilai USD1 miliar atau setara dengan Rp14,96 triliun (Rp14.957 per USD).

Dilaporkan oleh Bloomberg, Senin (4/7/2022), kejadian ini sekaligus menjadi defaukt pertama yang terjadi pada obligasi publik. Meski demikian, ini adalah salah satu kasus gagal bayar yang dilakukan Shimao di mana perusahaan tersebut berutang USD5,5 miliar pada obligasi luar negeri yang beredar.

Shimao, pengembang yang membangun hotel berbintang lima di bekas area tambang yang ditinggalkan, pernah dianggap sebagian besar kebal terhadap kejadian serupa yang melanda perusahaan sejenis seperti China Evergrande Group dan Sunac Group Holdings Ltd.

Pengembang terbesar ke-14 di negara itu berdasarkan penjualan kontrak, diketahui tengah mendapatkan sorotan atas kesehatan keuangannya sejak akhir tahun lalu, dengan tekanan di industri yang berdampak pada semakin meluasnya peta persaingan.

Baca Juga: Kekejaman Terhadap Etnis Muslim Uighur China, Amerika: Segera Bebaskan Semua yang Ditahan!!

"Penularan telah menyebar dari Evergrande ke Sunac dan sekarang Shimao. Itu menimbulkan kekhawatiran kami bahwa tingkat krisis utang berada di luar imajinasi pengamat pasar mana pun," kata analis Bloomberg Intelligence, Kristy Hung. "

Shimao juga diketahui belum melakukan pembayaran pokok yang melibatkan beberapa utang luar negeri lainnya, namun telah menjalin komunikasi dengan kreditur ketika mencoba untuk mencapai "resolusi damai," katanya dalam pengajuan pertukaran Hong Kong.

Jika tidak bisa, “kreditur mungkin berhak menuntut percepatan pelunasan” dan mengambil tindakan penegakan, menurut perusahaan.

Tidak ada masa tenggang untuk prinsipal pada obligasi USD1 miliar dolar perusahaan, menurut surat edaran penawaran.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memilih Broker Asuransi Terbaik Agar Tak Kecewa

Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:58 WIB

Jangan Ketipu! Ini Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:07 WIB

BTI XL Dukung Kopdargab All Bikers se Indonesia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:04 WIB

IHSG Tertekan, Intip Saham Tahan Banting

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:24 WIB

Cobain Kakeibo, Teknik Menabung Ala Orang Jepang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:16 WIB
X