Simak Tips Saham Anti Boncos

- Kamis, 21 Juli 2022 | 19:28 WIB
Ilustrasi Saham (Istimewa)
Ilustrasi Saham (Istimewa)

Saham anti boncos memang sangat di incar para investor. Boncos dan cash adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia perdagangan dan investasi. Namun, masih banyak investor dan trader yang merasa sangat bingung tentang arti bonus dan uang tunai.

Singkatnya, boncos adalah kerugian atau kondisi dalam hal kerugian atas investasi yang dilakukan oleh investor. Kerugian ini seringkali bisa terjadi, tetapi yang utama adalah ketika  harga suatu aset turun, harga jualnya lebih rendah daripada harga belinya.

Istilah boncos sering digunakan oleh investor untuk menggambarkan kerugian yang terjadi. Secara umum, kata boncos digunakan untuk menyebut kerugian yang relatif besar. Boncos atau kerugian dari investasi ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor. Baik itu karena faktor internal maupun faktor eksternal dapat menyebabkan munculnya tingkat kerugian investasi.

Tips Pilih Saham Anti Boncos

Baca Juga: Andre Rosiade Minta Grup Salim Tuntaskan Pembelian Saham Tol Layang MBZ

  1. Paham tentang saham

Tips pertama adalah memahami terlebih dahulu cara kerja saham. Kapan  perdagangan dibuka, jeda dan tutup. Kemudian pelajari lebih lanjut tentang analisis saham, faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga, dan kapan harus membeli.

  1. Buat rencana trading

Kapan harus masuk dan keluar dapat diketahui dari trading plan yang telah disusun sebelum memulai trading. Trader harus merencanakan dengan matang dan berpegang teguh pada rencana tersebut, agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Atur waktu trading yang tepat, tentukan profit dan loss ratio yang maksimal. Ketika saatnya tiba, seorang trader mengetahui apa yang harus dilakukan.

  1. Memilih emiten yang tepat

Sebaiknya pilih saham atau emiten terbaik yang masuk dalam indeks LQ45 untuk meminimalisir potensi kerugian. Hal ini dikarenakan emiten yang termasuk dalam keduanya memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan cenderung dicari oleh pasar. Karena kinerja bisnis cenderung menguntungkan, penurunan harga saham pasti akan naik nantinya.

Baca Juga: Analis Prediksi IHSG Hijau dan Berikan Saran Saham Pilihan

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Sedang Turun, Yuk Mulai Nabung Emas

Selasa, 22 November 2022 | 09:11 WIB
X