10 Entitas Investasi dan 100 Pinjol Ilegal Ditutup SWI

- Jumat, 29 Juli 2022 | 21:22 WIB
Ilustrasi Uang (Ghina Atika)
Ilustrasi Uang (Ghina Atika)

Satgas Waspada Investasi (SWI) kembali menemukan 10 entitas investasi ilegal dan 100 pinjaman online (pinjol) ilegal dalam kurun waktu 2018-2022.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing mengatakan, SWI telah memanggil dan meminta penghentian kegiatan serta pengembalian dana masyarakat yang telah dihimpun kepada beberapa entitas yang diduga telah melakukan penawaran investasi tanpa izin dari regulator.

"Pemberantasan terhadap investasi ilegal sangat tergantung pada peran serta masyarakat. Masyarakat diharapkan tidak terigur dengan penawaran bunga tinggi dan harus mempertimbangkan aspek legalitas dan kewajaran dari entitas dan produk yang ditawarkan," kata Longam dalam keterangan pers, Jumat (29/7/2022).

Tercatat, SWI kembali menemukan 10 entitas yang melakukan penawaran investasi tanpa izin dengan rincian 5 entitas melakukan money game, 1 entitas melakukan kegiatan forex dan robot trading tanpa izin, 3 entitas melakukan kegiatan perdagangan aset kripto tanpa izin sedangkan 1 entitas melakukan investasi ilegal jenis lain.

Longam menuturkan, masyarakat dapat melakukan pengecekan legalitas dengan mengunjungi website dari otoritas yang mengawasi atau melakukan pengecekan dalam list entitas yang dihentikan oleh SWI melalui minisite waspada investasi https://www.ojk.go.id/waspada-investasi/id/alert-portal/Pages/default.aspx.

Berikut merupakan 10 daftar investasi ilegal yang ditutup SWI:

Baca Juga: Mahasiswa Terlilit Pinjol hingga Ratusan Juta, Orang Tua Terpaksa Jual Aset

Money game:

- PT Enel Kekuatan Hijau

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Trik PLN Capai Target Bauran EBT di 2025

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:33 WIB
X