10 Saham Blue Chip Terbaik 2022, ADRO, ANTM, hingga HRUM

- Jumat, 29 Juli 2022 | 21:25 WIB
Ilustrasi Saham (Istimewa)
Ilustrasi Saham (Istimewa)

Sejumlah saham blue chip terbaik 2022 patut Anda pertimbangkan untuk menjadi investasi. Saham blue chip merupakan jenis saham unggulan dengan kapitalisasi pasar yang besar dan kinerja yang baik.

Tak hanya itu, saham-saham dengan cap blue chip ini juga didukung dengan kondisi keuangan yang prima dan perolehan laba yang cenderung konsisten dan stabil.

Tak heran, saham-saham ini menjadi pilihan yang sangat cocok untuk berinvestasi. Apa saja saham blue chip terbaik 2022? Simak beberapa daftarnya dalam ulasan lengkap IDXChannel berikut ini!

10 Saham Blue Chip Terbaik 2022

Saham blue chip merupakan jenis saham dari perusahaan yang memiliki kondisi keuangan yang baik dan umumnya telah beroperasi selama bertahun-tahun. Saham-saham ini juga didukung oleh fundamental yang kuat.

Saham blue chip juga disebut saham lapis satu dengan kapitalisasi pasar yang besar. Biasanya, kapitalisasi pasar saham blue chip ini di atas Rp10 triliun. Di Indonesia, saham-saham yang masuk dalam kategori blue chip ini berada dalam daftar indeks LQ45.

Baca Juga: BEI Sumbar Catat Transaksi Saham Capai Rp8,9 Triliun

Bursa Efek Indonesia (BEI) telah melakukan evaluasi mayor yang dilakukan tiap Januari dan Juli untuk menentukan komposisi saham pada beberapa indeks. Berdasarkan evaluasi mayor BEI 25 Juli 2022 untuk periode Agustus 2022 hingga Januari 2023, sedikitnya ada tiga saham baru yang masuk ke dalam kelompok indeks LQ45, IDX30, dan beberapa indeks lainnya. Perubahan ini tentunya juga mengubah komposisi sejumlah saham blue chip yang ada.

Dari daftar indeks LQ45 terbaru, tercatat tiga saham baru masuk dalam daftar yakni PT Bank Jago Tbk (ARTO), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), dan PT Indika Energy Tbk (INDY). Sementara itu, tiga saham harus keluar dari indeks paling likuid di pasar modal Indonesia ini. Tiga saham tersebut antara lain PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT PP (Persero) Tbk (PTPP), dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Sedang Turun, Yuk Mulai Nabung Emas

Selasa, 22 November 2022 | 09:11 WIB
X