Indonesia Punya Utang Rp7.000 Triliun, Luhut: Itu Terkecil di Dunia

- Senin, 8 Agustus 2022 | 18:36 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan

Harian Haluan - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengklaim utang pemerintah Indonesia terkecil di dunia. Ia mencatat, utang RI mencapai Rp7.000 triliun.

"Pemerintah Indonesia hanya punya utang Rp7.000 triliun dan paling terkecil di dunia," ujar Luhut saat Ground Breaking pembangunan jalan tol seksi 3 Cileles - Panimbang di Pandeglang, Banten.

Menurut Luhut, utang pemerintah Indonesia hanya 40 persen dari produk domestik bruto (PDB). Sementara negara-negara maju lainnya bisa mencapai 100 persen dari PDB.

Baca Juga: Fakta Baru: Uang Donasi Korban Kecelakaan Lion Air Ditilap ACT untuk Bayar Utang Koperasi Syariah 212

"Kami minta bapak-bapak dan teman di daerah jangan dengar bicara aneh-aneh dan tidak jelas," ujarnya.

Ia juga menekankan, meski mencapai ribuan triliun, utang pemerintah merupakan utang produktif. Ia mencontohkan seperti untuk membangun jalan tol.

Luhut juga meyakinkan bahwa pemerintah tidak bodoh. Pembangunan yang dilakukan pemerintah dihitung dengan benar, termasuk terkait return on investment-nya.

Sebagai contoh, pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang sepanjang 85 km akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Banten. Selain itu juga mendukung percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK).

Sebagai catatan, pembangunan jalan sesi 3 Cileles - Panimbang sepanjang 33 Km dapat memanfaatkan pinjaman dari perbankan China. Pemerintah menargetkan pembangunan jalan tol sesi 3 ( Cileles-Panimbang) selesai tahun 2024.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Mandiri Area Padang Launching 4 Smart Branch

Jumat, 30 September 2022 | 17:31 WIB
X