Tak Banyak yang Tahu, Adik Prabowo Ternyata Diam-diam Ekspor Ini dari Ukraina

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:15 WIB
Illustrasi Foto Hashim Djojohadikusumo (Kumparan.com)
Illustrasi Foto Hashim Djojohadikusumo (Kumparan.com)

HARIANHALUAN - Konglomerat Indonesia yang juga adik dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, disebut-sebut menjadi pihak pertama yang mengekspor hasil pangan Ukraina pasca serangan Rusia ke negara itu.

Hal ini terkuak dari sebuah data pengiriman biji-bijian, sebagaimana dimuat Nikkei Asia, dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu, 10 Agustus 2022.

Baca Juga: Hashim: Prabowo Kecewa pada Edhy yang Dia Angkat dari Selokan 25 Tahun Lalu

Ini terkait aktivitas Kapal Riva Wind, yang membawa 50.000 ton biji-bijian, yang kini tiba di Istanbul. Kapal itu sebelumnya menempuh perjalanan sekitar dua hari dari Pelabuhan Chornomorsk, dekat kota Odessa, Ukraina.

Kapal tersebut sebenarnya terjebak sejak 4 Februari. Ia membawa gandum untuk Harvest dan Comexindo International.

Ini adalah dua perusahaan, anak dari konglomerasi milik Hashim, Arsari Group. Perusahaan itu memang bergerak di bidang agribisnis, pertambangan dan perdagangan.

Baca Juga: Hashim Ungkap Prabowo Batalkan Kontrak Rp 50 Triliun di Kemenhan

Selain dari Ukraina, perusahaan itu juga disebutkan membawa gandum Rusia. Ini dilakukan dengan dua kapal, yakni Kapal White Shark dan Bronco.

White Shark direncanakan memuat 25 ribu ton gandum ke Mesir dari pelabuhan Novorossiysk Rusia. Sementara Bronco akan membawa 20 ribu ton gandum ke Angola dari pelabuhan yang sama.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Mandiri Area Padang Launching 4 Smart Branch

Jumat, 30 September 2022 | 17:31 WIB
X