Indonesia Bakal Disalip Malaysia, Kok Bisa?

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:50 WIB
Bendera Malaysia. (Foto: Shutterstock)
Bendera Malaysia. (Foto: Shutterstock)

HARIANHALUAN - Indonesia siap-siap disalip tetangganya, Malaysia. Pasalnya ekonomi Negeri Jiran diprediksi akan bertumbuh 6,7% year-on-year/yoy pada kuartal II/2022. Apa pendorongnya?.

Pertumbuhan ekonomi yang solid ini disebabkan oleh pembukaan kembali pembatasan ketat pada April yang membuat aktivitas masyarakat berangsur normal. Ditambah dengan low base effect yang membuat laju ekonomi Malaysia melejit.

Baca Juga: Jaga Daya Beli Masyarakat, Pertumbuhan Ekonomi 2022 Cukup Baik Sebesar 5,44 Persen

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh Reuters memperkirakan ekonomi Malaysia tumbuh 6,7% yoy pada kuartal II/2022. Angka ini lebih tinggi dari kuartal sebelumnya di 5% yoy.

"Konsumsi swasta kemungkinan merupakan pendorong pertumbuhan utama. Lebih jauh lagi, lonjakan tajam 30% yoy pada pertumbuhan ekspor kuartal II/2022 akan berkontribusi pada pencetakan PDB kuartal II/2022 yang lebih cepat," kata Vincent Loo dilansir dari KAF Investment Bank melalui CNBC Indonesia, Kamis, 11 Agustus 2022.

Baca Juga: Menko Airlangga: Pemerintah Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Masih Di Atas Inflasi

Pertumbuhan ekspor sebesar 22% pada kuartal pertama, Loo menambahkan.

"Kami memperkirakan pertumbuhan PDB akan meningkat lebih lanjut di triwulan ke III/2022, terutama karena low base effect (penguncian secara nasional di triwulan III/2021) sebelum normal di triwulan IV/2021 dan ke tahun depan di balik perlambatan perdagangan global, meningkatnya tekanan inflasi dan kondisi moneter yang lebih ketat."

Ekonomi Malaysia juga ditopang oleh pasar tenaga kerja yang meningkat sehingga mendongkrak daya beli.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Dikson Biaya Tambah Daya Listrik, Cuma Rp170 Ribuan

Senin, 26 September 2022 | 14:44 WIB
X