Alert! Kuota BBM Pertalite dan Solar Habis Oktober Ini

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:55 WIB
Pembelian BBM Pertalite (Antara)
Pembelian BBM Pertalite (Antara)

HARIANHALUAN - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mencatat kuota Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Khusus Penugasan (JBKP) yakni RON 90 atau Pertalite tersisa dua bulan lagi atau bisa habis pada Oktober atau November 2022 ini.

Hal itu apabila tidak dilakukan pengendalian atas pembelian BBM tersebut.

PT Pertamina (Persero) mencatat sampai pada Juli 2022 ini, kuota Jenis BBM Pertalite tersisa 6,2 juta Kilo Liter (KL) dan Jenis BBM Tertentu (JBT) yakni Solar Subsidi tersisa 5,1 juta KL.

Baca Juga: Catat! Pembatasan Beli Pertalite Berlaku Efektif September 2022

"Kalau tidak dilakukan pengendalian, ya bisa begitu (habis) di antara Oktober-November," kata Saleh Abdurrahman Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis, 11 Agustus 2022.

Sejatinya, salah satu upaya program pengendalian konsumsi BBM Pertalite dan Solar Subsidi adalah dengan mendaftarkan kendaraan melalui MyPertamina. Kelak, Pertamina akan menjaring kendaraan sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang berhak mengisi BBM Pertalite dan Solar Subsidi.

Baca Juga: Jumat Berkah di Sungai Lareh, Andre Rosiade Diminta kembali Amankan Solar-Pertalite di Sumbar

Adapun program pengendalian itu masih harus menunggu terbitnya revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

"Saat ini registrasi terus digencarkan. Kita harapkan revisi terbit bulan ini, jadi September mulai (pengendalian)," tandas Saleh.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Mandiri Area Padang Launching 4 Smart Branch

Jumat, 30 September 2022 | 17:31 WIB
X