Zulhas Musnahkan Baju Bekas Impor Hingga Miliaran Rupiah, Pengusaha: Jangan Sampai Cuma Bakar Saja

- Senin, 15 Agustus 2022 | 16:38 WIB
Pakaian impor mengandung bakteri dan jamur membahayakan. Zulkifli Hasan, menjelaskan ini saat memusnahkan pakaian bekas impor senilai Rp 9 miliar. (Kompas TV)
Pakaian impor mengandung bakteri dan jamur membahayakan. Zulkifli Hasan, menjelaskan ini saat memusnahkan pakaian bekas impor senilai Rp 9 miliar. (Kompas TV)

HARIAN HALUAN - Pengusaha meminta pemerintah menindaklanjuti langkah pemusnahan baju-baju bekas impor dengan tindakan tegas kepada importir. Hal itu merespons pembakaran baju bekas impor ilegal bernilai miliaran oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, pekan lalu.

"Harus dicari dong importirnya, jadi jangan sampai cuma bakar aja," kata Ketua Umum Asosiasi Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI), Redma Gita Wirawasta dikutip dari CNBC Indonesia, Senin, 15 Agustus 2022.

Baca Juga: Tempat Thrifting Baju Bekas Terbaik yang Bisa Kamu Datangi

Jika penindakan hanya sebatas pembakaran baju impor, maka ke depan importir tetap bisa melancarkan aksinya dalam memasukkan kembali pakaian bekas ke pasar dalam negeri. Salah satu yang paling banyak tersebar di pasar Senen.

"Masukan ke Kemenkeu, di pasar Senen pajaknya pasti ngga jelas, kan ngga mungkin bayar pajak, karena nulisnya apa di situ. Pasti ga bayar PPN, ngga bayar bea masuk. Itu seharusnya bisa ditindak bea cukai, Kemenkeu, pajak. Jangan pajak kita dicari-cari terus, tapi importir-importir ini enak ngga ada yang dicabut, ngga ada penindakan," kata Redma.

Masuknya pakaian bekas impor pasti ilegal karena keberadaannya dilarang melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

"Ngga mungkin bayar pajak, kan ngga mungkin nulis baju bekas. Di PIB (Pemberitahuan Impor Barang) nulisnya apa? Kan pemalsuan dokumen. Kode HS itu kan ngga boleh, dilarang," ujar Redma.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) memusnahkan baju bekas impor ilegal bernilai miliaran. Hal ini berkaitan dengan aspek regulasi dan kesehatan. Zulhas menegaskan, impor baju bekas dilarang.

Adapun jumlah pakaian ilegal yang dimusnahkan adalah 750 bal atau mencapai 225.000 lembar pakaian dengan asumsi satu bal berisi 300 lembar pakaian. Nilainya ditaksir mencapai Rp8-9 miliar.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Mandiri Area Padang Launching 4 Smart Branch

Jumat, 30 September 2022 | 17:31 WIB
X