Sinergi dengan Dharma Wanita & ESDM Sumbar, PLN Adakan Demo Masak Kompor Induksi

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 11:16 WIB
Sinergi dengan Dharma Wanita & ESDM Sumbar, PLN mengadakan demo masak kompor induksi
Sinergi dengan Dharma Wanita & ESDM Sumbar, PLN mengadakan demo masak kompor induksi

HARIAN HALUAN - Gandeng Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas ESDM Provinsi Sumbar, PLN UP3 Padang gelar kegiatan sosialisasi & demo masak dengan menggunakan kompor induksi di Aula Kantor Gubernur Sumbar pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Ratusan ibu-ibu yang tergabung dalam DWP tumpah-ruah mengikuti kegiatan yang dihelat dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 Kemerdekaan RI. Turut hadir dalam kesempatan tsb Senior Manager Keuangan, Komunikasi & Umum PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono, Kabid Energi & Kelistrikan ESDM Prov Sumbar Helmi Heriyanto, Manager PLN UP3 Padang Jeffri Husni, Manager Komunikasi & TJSL PLN UIW Sumbar Yenti Elfina serta Ketua DWP Prov Sumbar Lina Hansastri beserta seluruh pengurus.

Baca Juga: Sinergi PLN & PIKK Wujudkan Mimpi Masyarakat Lewat Light Up The Dream & Santunan Buku

SRM KKU PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono menyatakan kolaborasi antara PLN, ESDM, dan DWP menjadi sebuah sinergi yang sangat bermanfaat karena menghadirkan program-program besar salah satunya kegiatan demo masak menggunakan kompor induksi.
 
“Kegiatan demo masak ini wujud kepedulian dan sinergitas DW, ESDM, dan PLN dalam mendukung program pemerintah dalam mengurangi ketergantungan terhadap energi impor dengan mengkonversi kompor gas ke kompor induksi. Lewat kegiatan ini, kami ingin memberikan pemahaman langsung kepada masyarakat khususnya para ibu rumah tangga, bahwa menggunakan kompor induksi jauh lebih efisien, praktis dan aman dibandingkan dengan kompor gas,” ungkap Cipto.

Baca Juga: PLN UP3 Payakumbuh Lakukan Penyalaan Listrik Pelanggan 197,000 VA
 
Cipto menambahkan selain lebih hemat dan aman, penggunaan kompor induksi secara tidak langsung memberikan sumbangsih yang besar dalam membantu pemerintah untuk mengurangi ketergantungan terhadap gas, yang diimpor dari negara tetangg.

“Transisi menuju energi bersih tentunya ditunjang dengan dukungan suplai kelistrikan dari PLN UIW Sumbar yang sangat kondusif dan andal sehingga dapat mendukung seluruh aktivitas masyarakat dalam berlistrik,” ujar Cipto lagi.

Disaat bersamaan Kabid Energi & Kelistrikan ESDM Prov Sumbar Helmi Heriyanto menyatakan peralihan ke kompor induksi akan menghemat pengeluaran negara, karena tidak sedikit APBD yang diperuntukkan untuk subsidi dalam bidang energi. Belum lagi keunggulan dari sisi minim emisi.

“Selain lebih hemat, peralihan menggunakan listrik, baik kompor maupun kendaraan listrik berdampak positif pada lingkungan. Hal ini sejalan dengan misi industri non emisi yang sedang digalakkan oleh berbagai negara di dunia, dimana Indonesia dalam pertemuan G20 dan COP26 mencanangkan Net Zero Emission di tahun 2060 sehingga diperlukan percepatan program transisi ke penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan,” ungkap Heri.
 
Dukungan tidak hanya datang dari Dinas ESDM Sumbar namun juga dari Pemprov Sumbar sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat Nomor 671/453/EKTL/DESDM-2022 tanggal 17 Juni 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dan Kompor Listrik Induksi di Sumatera Barat.

Ketua DWP Prov Sumbar Lina Hansastri mengapresiasi PLN seraya menyampaikan manfaat yang dirasa setelah melihat langsung demo masak pakai kompor induksi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSU Sudah Disalurkan ke 7 Juta Penerima

Rabu, 28 September 2022 | 06:39 WIB

Inflasi Tinggi dan Perlambatan Bayangi Pemulihan Ekonomi

Selasa, 27 September 2022 | 21:44 WIB
X