Cobain Kakeibo, Teknik Menabung Ala Orang Jepang

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:16 WIB
Ilustrasi Menabung (Ghina Atika)
Ilustrasi Menabung (Ghina Atika)

Inflasi yang melonjak menyebabkan semua harga kebutuhan pokok semakin mahal. Mau tak mau, masyarakat dituntut untuk lebih pintar mengelola keuangan agar kebutuhan hidup terpenuhi.

Salah satu cara mengelola keuangan dengan baik yaitu hidup hemat dan menabung. Kalau Anda masih merasa sulit untuk menabung, sebenarnya ada banyak cara untuk memulai kebiasaan tersebut.

Salah satu caranya menabung ala orang Jepang yang terkenal dengan nama Kakeibo. Lalu bagaimana Kakeibo ini mengajarkan kita untuk menabung?

Dilansir dari uk.style.yahoo.com, Kakeibo merupakan metode yang telah lama diperkenalkan sejak tahun 1904 oleh seorang jurnalis perempuan bernama Hani Matoko. Kata Kakeibo sendiri bermakna “buku keuangan rumah tangga”.

Sehingga Kakeibo merupakan buku catatan keuangan untuk membuat Anda lebih bijak dalam membelanjakan kebutuhan rumah tangga.

Metode milik Hani Matoko ini kemudian dibukukan oleh Fumiko Chiba dalam bukunya yang berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money. Di dalamnya  terdapat filosof-filosofi yang menjelaskan teknik Kakeibo untuk mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu.

Baca Juga: Gerakan Bengkalis Menabung Sampah Diluncurkan Bupati dan PT CPI

Sederhananya, Anda hanya perlu mencatatkan pengeluaran yang Anda habiskan selama sebulan, sambil mempertimbangkan apa yang perlu dan tidak perlu dibeli. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai metode Kakeibo yang bisa Anda praktikan untuk mulai berhemat.

  1. Berfokus pada pengeluaran Anda

Berhemat bukan berarti tidak sama sekali membelanjakan uang Anda. Filosofi Hani Matoko mengatakan, uang hasil kerja keras kita justru perlu kita nikmati. Itulah yang perlu kita ingat ketika sedang menabung.

Halaman:

Editor: Ghina Atika

Sumber: IDX Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X