Tips Memilih Broker Asuransi Terbaik Agar Tak Kecewa

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:58 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIAN HALUAN - Selain polis dan premi asuransi, ada broker asuransi yang juga tak kalah penting untuk diketahui peran dan tanggung jawabnya.

Broker asuransi bertugas sebagai institusi yang membantu nasabah asuransi (pemegang polis) untuk mendapatkan haknya, seperti membantu proses klaim hingga pencairan klaim atas perusahaan asuransi.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Asuransi Mobil All Risk Termurah dan Manfaatnya

Berdasarkan POJK Nomor 70/POJK.05/2016 Tentang Penjualan dan Pembelian Asuransi, broker asuransi berperan sebagai konsultan dan/atau sebagai perantara dalam penutupan asuransi baik konvensional ataupun syariah serta penanganan penyelesaian klaimnya dengan bertindak atas nama tertanggung atau pemegang polis.

Umumnya, broker asuransi memiliki berbagai pilihan asuransi, di antaranya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi. Semua jenis asuransi tentunya punya fungsi masing-masing.

Baca Juga: Belum Punya Asuransi Jiwa? Simak 4 Risiko yang Ditanggung Asuransi Jiwa

Duitpintar selaku broker asuransi sekaligus marketplace produk asuransi online terpercaya yang terdaftar dan mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memberikan penjelasan detailnya mengenai broker asuransi, pilihan asuransi, hingga tugas dan tanggung jawab broker asuransi.

1. Asuransi Mobil

Asuransi mobil merupakan asuransi yang wajib dimiliki setiap pemilik kendaraan roda empat. Pasalnya, biaya servis mobil bisa sampai jutaan rupiah, apalagi kalau harus tuning dan ganti segala macam spare part-nya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Mandiri Area Padang Launching 4 Smart Branch

Jumat, 30 September 2022 | 17:31 WIB
X