Sukses Tahap I, Bank Nagari Kembali Dipercaya Salurkan Dana PEN Tahap II

- Selasa, 6 Juli 2021 | 18:38 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Bank Nagari kembali menerima dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahap II dari Pemerintah Pusat sebesar Rp250 miliar, Selasa (6/7).

Penyerahan dana PEN tersebut dilakukan oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatra Barat, Heru Pudyo Nugroho kepada Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad di Auditorium Gubernuran Sumbar, disaksikan Gubernur Sumbar Mahyeldi, Ketua DPRD Sumbar, Komut Bank Nagari Benni Warlis, Kepala Perwakilan BI Sumbar Wahyu Purnama A, Kepala OJK Sumbar Yusri, Kepala Perwakilan BPK Sumbar, Kepala Perwakilan BPKP Sumbar, jajaran Komisaris dan Direksi Bank Nagari, Ketua DPRD Sumbar Supardi, serta sejumlah stakeholder.

Pemanfaatan dana PEN ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 104 tahun 2020 yang merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Pandemi Covid-19.

“Kementerian Keuangan melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 104 tahun 2020 melakukan kebijakan stimulus fiskal, berupa penempatan dana pada perbankan, yang bertujuan memberikan stimulus likuiditas dengan bunga yang rendah, untuk disalurkan sebagai bantuan modal kerja kepada sektor riil, maupun membantu perbankan dan lembaga keuangan lainnya yang sedang melaksanakan program restrukturisasi terhadap dunia usaha yang terdampak Covid-19,” ujar Kakanwil DJPb Sumbar, Heru Pudyo Nugroho.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat menyampaikan pesan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, bahwa BPD agar tetap menjaga keamanan penempatan dana dan akuntabilitas penyaluran kredit dan memastikan kredit yang disalurkan memiliki kontribusi terhadap pergerakan sektor riil di daerah dan pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah bersama dengan OJK akan selalu melakukan pemantauan, pengawasan, dan evaluasi terhadap kinerja penempatan dana PEN pada Bank Nagari.

Heru Pudyo Nugroho berharap sinergi yang lebih erat antara Pemda, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatra Barat, OJK, Bank Nagari, Bank Indonesia dan stakeholder terkait lainnya untuk bersama mengawal program penempatan dana sebagai bagian dari pelaksanaan PEN, sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatra Barat yang lebih baik di tahun 2021.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad pada kesempatan itu menyampaikan, Bank Nagari kembali mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah untuk menyalurkan penempatan dana PEN periode kedua sebesar Rp250 miliar, dan sesuai persyaratan, Bank Nagari akan menyalurkan dua kali lipat dari dana PEN tersebut kepada nasabahnya.

Penempatan dana PEN disalurkan dalam bentuk kredit mikro, usaha kecil, dan sisanya untuk korporasi, menengah dan konsumtif.

“Pada dana PEN tahap I sebesar Rp250 miliar, untuk segmen usaha mikro berhasil disalurkan Rp41,97 miliar, usaha kecil Rp300,07 miliar, usaha menengah Rp32,99 miliar, korporasi Rp19,74 miliar dan kredit konsumtif sebesar Rp197,10 miliar,” kata M Irsyad.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Bappebti Blokir 109 Situs Investasi Bodong

Kamis, 22 Juli 2021 | 15:42 WIB
X