Tekan Inflasi, Pemprov Sumbar dan BI Kolaborasi Canangkan GNPIP

- Rabu, 21 September 2022 | 12:44 WIB
Pemprov Sumbar bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar mencanangkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumbar, di Auditorium Gubernuran, Jl. Sudirman, Padang, Senin, 19 September 2022.
Pemprov Sumbar bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar mencanangkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumbar, di Auditorium Gubernuran, Jl. Sudirman, Padang, Senin, 19 September 2022.

HARIAN HALUAN - Menindaklanjuti arahan Presiden RI pada Rapat Pengendalian Inflasi di Istana Negara 12 September lalu, agar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) meningkatkan sinergi dan komitmen bersama dalam menjaga inflasi, Pemprov Sumbar bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar mencanangkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumbar, di Auditorium Gubernuran, Jl. Sudirman, Padang, Senin, 19 September 2022.

Pencanangan yang dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia diwakili Asisten Gubernur BI, Dwi Pranoto ditandai dengan penabuhan gandang secara bersama oleh Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, Asisten Gubernur BI Dwi Pranoto, Kepala Perwakilan BI Sumbar Wahyu Purnama, Deputi 1 Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa dan Forkopimda Sumbar.

Baca Juga: Hadiri Rapat Inflasi di Istana Negara, Wako Hendri Septa Siap Tindaklanjuti Arahan Presiden RI

Pencanangan GNPIP yang juga dilakukan secara nasional tersebut juga ditandai dengan penandatanganan komitmen dukungan GNPIP oleh gubernur, dan diikuti kepala daerah se-Sumbar yang hadir. Dilanjutkan dengan penyerahan bibit cabe, pupuk organik dan rumah kompos kepada 8 KWT di Sumbar.

Dalam pencanangan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama pembukaan klaster baru cabai merah antara Perwakilan Bank Indonesia Sumbar dengan Pemkab Tanah Datar dan penyerahan bibit cabai untuk 44 kelompom tani.

Baca Juga: Menko Perekonomian Tekankan Pemda Jangan Ragu Menggunakan Keuangan Daerah Dalam Upaya Pengendalian Inflasi

Pencanangan GNPIP Sumbar menurut Gubernur Mahyeldi merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah Sumbar, Forkopimda, beserta seluruh stakeholders terkait dalam menjaga kestabilan inflasi komoditas pangan dan menjaga daya beli masyarakat.

Upaya pengendalian inflasi yang dilakukan, lanjut gubernur, meliputi berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya pencanangan gerakan menanam cabai di pekarangan serta Pembukaan Pasar Murah serentak di kabupaten dan kota.

"Semoga sinergi pengendalian inflasi melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan ini dapat menjadi komitmen bersama yang juga dilaksanakan oleh kabupaten dan kota dan tentunya tetap berkoordinasi dengan pemerintah pusat," pungkas gubernur.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSU Sudah Disalurkan ke 7 Juta Penerima

Rabu, 28 September 2022 | 06:39 WIB

Inflasi Tinggi dan Perlambatan Bayangi Pemulihan Ekonomi

Selasa, 27 September 2022 | 21:44 WIB

PLN Dikson Biaya Tambah Daya Listrik, Cuma Rp170 Ribuan

Senin, 26 September 2022 | 14:44 WIB
X