Petugas Yantek Perkuat Kompetensi Praktik di PLN UP3 Padang

- Kamis, 22 September 2022 | 18:19 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIAN HALUAN - Upgrade kompetensi petugas Pelayanan Teknik (Yantek) di lingkungan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar, PLN pun gelar kegiatan pelatihan dan upskilling bertajuk Kampus Yantek secara berkala.

Terakhir, Kampus Yantek digelar di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang pada Kamis, 22 September 2022. Joko Susilo, Manajer Bagian Jaringan dan Konstruksi PLN UP3 Padang beserta tim hadir sebagai instruktur pelatihan bagi 25 orang peserta petugas Yantek dari PT Haleyora Power.

Baca Juga: Subholding PLN Energi Primer untuk Jamin Pasokan ke Pembangkit Listrik

Disampaikan Joko, Kampus Yantek mengusung konsep pelatihan dari dan kepada PLN. Maka tenaga instruktur dalam pelatihan berasal dari internal PLN dengan materi SOP pelayanan teknis dan K3.

‘’Hal ini mengingat PLN memiliki budaya kerjanya sendiri dan untuk hal-hal yang bersifat teknis perlu dibagikan oleh instruktur yang berpengalaman langsung di bidangnya. Sifat pelatihannya adalah seperti knowledge sharing,’’ jelasnya lagi.

Baca Juga: Wah.. Aset Subholding Pembangkit PLN Jadi Terbesar di Asia Tenggara

Pelatihan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta pemahaman petugas Yantek seputar Teknik Pelaksanaan Standar Operation Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (IK), alat kerja dan alat ukur pada pekerjaan Yantek, serta budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Selain materi inclass training, peserta Kampus Yantek pun dapatkan pelatihan lapangan diantaranya terkait pengecekan tegangan menggunakan voltage detector, pembebasan tegangan menggunakan ground cluster, penggantian pin isolator, pengecekan isolator menggunakan isolator tester, perbaikan FCO, hingga simulasi penarikan Unit Gardu Bergerak (UGB).

Nurul Alfiyah, Supervisor Konstruksi PLN UP3 Padang dalam paparan pelatihan menyampaikan, 80% kecelakaan kerja disebabkan oleh unsafe action atau perilaku tidak aman. Maka penting bagi pekerja untuk merubah perilaku unsafe action menjadi safe action.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Redaksi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSU Sudah Disalurkan ke 7 Juta Penerima

Rabu, 28 September 2022 | 06:39 WIB

Inflasi Tinggi dan Perlambatan Bayangi Pemulihan Ekonomi

Selasa, 27 September 2022 | 21:44 WIB

PLN Dikson Biaya Tambah Daya Listrik, Cuma Rp170 Ribuan

Senin, 26 September 2022 | 14:44 WIB
X