Komitmen Rumah Sakit, Kunci Peningkatan Mutu Layanan Peserta JKN

- Senin, 26 September 2022 | 14:38 WIB
Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, Eddy Sulistijanto Hadie melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Bunda Padang guna memastikan kelancaran akses pelayanan kesehatan di rumah sakit, Kamis, 11 September 2022.
Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, Eddy Sulistijanto Hadie melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Bunda Padang guna memastikan kelancaran akses pelayanan kesehatan di rumah sakit, Kamis, 11 September 2022.

HARIAN HALUAN - Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, Eddy Sulistijanto Hadie melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Bunda Padang guna memastikan kelancaran akses pelayanan kesehatan di rumah sakit, Kamis, 11 September 2022. Upaya tersebut dilakukan demi memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta JKN.

“Peningkatan mutu layanan merupakan salah satu fokus utama BPJS Kesehatan tahun 2022. Komitmen fasilitas kesehatan dalam pemenuhan sarana dan prasarana sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan. Tadi kita lihat langsung bagaimana proses antrean online, info ketersediaan tempat tidur, alur pelayanan peserta JKN hingga layanan penanganan pengaduan dan pemberian informasi di rumah sakit. Harapannya Peserta JKN dapat dilayani dengan baik. Antrean online, informasi tempat tidur hingga layanan pengaduan, bisa diakses oleh peserta JKN di Mobile JKN,” ujar Eddy.

Baca Juga: 4 Optik Mitra BPJS Kesehatan Padang Bayarkan Iuran JKN Masyarakat

Bukan hanya itu, Eddy menjelaskan bahwa di rumah sakit, BPJS Kesehatan memiliki Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan Rumah Sakit (Petugas P3 RS) untuk membantu peserta JKN yang membutuhkan informasi atau hendak melakukan pengaduan.

"Jadi di setiap rumah sakit ada petugas kita, dan telah kita sebarkan poster petugas tersebut di masing-masing rumah sakit. Petugas kita tersebut ada yang mobile ada juga yang on site. Pengaduan dari peserta JKN akan menjadi upaya kita untuk memperbaiki mutu layanan JKN,” kata Eddy.

Baca Juga: Suir Syam: Seluruh Masyarakat Padang Panjang Diharapkan Jadi Peserta BPJS Kesehatan

Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Bunda Padang, Helgawati mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada Peserta JKN. Dirinya menyambut baik kunjungan BPJS Kesehatan tersebut, serta memanfaatkannya untuk berdiskusi dan berbagi pendapat mengenai upaya peningkatan kualitas pelayanan.

“Kami terus berupaya dan berkomitmen peningkatan sarana dan prasarana. Harapannya dengan komitmen yang kami berikan, seluruh peserta JKN tetap terlayani dengan baik sehingga peserta puas mengakses layanan di rumah sakit. Masukan dan hasil evaluasi kunjungan ini akan kami gunakan sebagai tolok ukur untuk meningkatkan sistem layanan yang ada, sehingga pelayanan kepada peserta JKN bisa berjalan semakin optimal,” ujar Helgawati. (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: Redaksi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X