Cika: JKN Program yang Mulia, Banyak Menolong Rakyat Indonesia

- Senin, 26 September 2022 | 19:09 WIB
Cika Mulia Putri (19), warga Kecamatan Air Tawar Kota Padang.
Cika Mulia Putri (19), warga Kecamatan Air Tawar Kota Padang.

HARIAN HALUAN - Datangnya penyakit memang tidak waktu dan tidak memandang usia. Oleh karena itu memiliki jaminan kesehatan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh masyarakat.

Cika Mulia Putri (19), warga Kecamatan Air Tawar Kota Padang, telah terbantu dengan kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS kesehatan. Dia tidak perlu mengeluarkan biaya ketika dirawat di rumah sakit karena sakit demam berdarah.

Baca Juga: Grebek Mobile JKN, Upaya BPJS Kesehatan Edukasi kepada Masyarakat

“Tahun 2015 saya mengalami demam tinggi, sudah beberapa hari panas tubuh saya tidak turun. Akhirnya saya dibawa ke UGD RSUD M. Zein Painan. Kata dokter, saya mengalami sakit demam berdarah dan harus dirawat inap di rumah sakit. Ketika saya dirawat selama 10 hari, mungkin ada sepuluh kali suntikan yang saya dapatkan. Mau bagaimana lagi, yang penting sembuh,” ujar Cika, Senin, 5 September 2022.

Cika mengungkapkan, selama dirawat ia dilayani dengan baik oleh tenaga medis. Selain memperoleh pelayanan yang memuaskan, ia juga lega karena seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN. Menurut Cika, jika dihitung, iuran JKN yang dibayarkan tidak sebanding dengan biaya yang ia keluarkan jika dirawat inap karena sakit. Apalagi, biaya rumah sakit selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Baca Juga: Cari Talenta SDM Terbaik, BPJS Kesehatan Gandeng Universitas Andalas

"Menurut saya Program JKN ini program yang mulia dan sangat dirasakan manfaatnya. Program ini sudah banyak menolong rakyat Indonesia. Ketika kita tidak berobat menggunakan fasilitas BPJS kesehatan, iuran yang rutin kita bayarkan akan dipergunakan untuk membayar iuran peserta yang sakit. Dengan semangat gotong royong, biaya pelayanan kesehatan yang sangat mahal bisa diatasi dengan iuran peserta JKN yang lain. Yang sehat membantu membiayai yang sakit,” tutur Cika.

Di akhir wawancara, Cika berpesan kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta Program JKN untuk segera mendaftarkan dirinya dan keluarga sebelum sakit, karena sakit datangnya tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, Cika menganggap bahwa lebih baik menyisihkan uang perbulannya untuk membayar iuran JKN.

“Kesadaran memiliki jaminan kesehatan itu sangat penting di samping menjaga pola hidup sehat. Dengan memiliki jaminan kesehatan, kita tidak perlu khawatir akan biaya perawatan saat sakit. Semuanya bisa dijamin BPJS Kesehatan," katanya. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Redaksi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X