Awas Tertipu! Batas Maksimal Bunga Pinjol Cuma 0,4 Persen per Hari

- Rabu, 28 September 2022 | 07:03 WIB
Ilustrasi aplikasi pinjol legal yang meminjamkan uang kepada nasabah. (dream.co.id)
Ilustrasi aplikasi pinjol legal yang meminjamkan uang kepada nasabah. (dream.co.id)

HARIAN HALUAN - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan batas maksimal bunga fintech lending atau pinjaman online (pinjol) sebesar 0,4 per hari. Adapun bunga ini hanya berlaku untuk pinjaman konsumtif dan jangka pendek, seperti 30 hari.

Sementara untuk pinjaman produktif atau jangka panjang, ditetapkan sebesar 12-24 persen per tahun.

Baca Juga: Waspadalah! Pinjol Ilegal Bakal Teror Korbannya dengan Cara Ini

Kepala Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan Non Bank OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, batas tingkat bunga pinjol selama ini ditetapkan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

"Bunga maksimum 0,4 persen per hari diterapkan untuk pinjaman multiguna atau konsumtif dengan tenor pendek, misal 30 hari. Sementara jangka panjang bunga sekitar 12-24 persen per tahun," ujar Ogi dilansir dari Kumparan.com, Rabu, 28 September 2022.

Baca Juga: Sudah Telanjur Pinjam Pinjol Ilegal? Mahfud MD: Jangan Bayar Karena Itu Tidak Sah

Ia menjelaskan, penetapan bunga maksimum 0,4 per hari oleh AFPI telah melalui berbagai pertimbangan. Hal ini juga sesuai dengan riset OJK pada 2021, di mana bunga ideal untuk pinjol maksimum sebesar 0,3-0,46 persen per hari.

Ogi pun menegaskan, tidak ada pinjaman konsumtif dengan tenor panjang, misal satu tahun, yang kemudian dikenakan bunga 0,4 per hari atau menjadi 146 persen per tahun. Sementara untuk pinjaman produktif, umumnya dikenakan bunga sekitar 12-24 persen per tahun tergantung tingkat risikonya.

Guna mendukung penetapan bunga pinjol yang bersifat indikatif, OJK tengah melakukan kajian komprehensif dengan asosiasi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Sedang Turun, Yuk Mulai Nabung Emas

Selasa, 22 November 2022 | 09:11 WIB
X