Ekonomi Inggris Dikabarkan Resesi, Berikut Daftar Krisis yang Pernah Menimpa Negara Tersebut

- Rabu, 28 September 2022 | 11:52 WIB
Inggris (Ghina Atika)
Inggris (Ghina Atika)

Jakarta, HarianHaluan.com - Ekonomi Inggris dikabarkan masuk ke dalam jurang resesi usai Bank of England umumkan kenaikan suku bunga untuk mengatasi kemungkinan serangan inflasi yang kian memburuk.

Dikutip dari pemberitaan The Guardian sembilan anggota komite kebijakan moneter (MPC) Bank inggris sepakat menaikkan suku bunga dasar sebesar 0,5 persen menjadi 2,25 persen pada Agustus 2022.

Pemerintah Inggris dikabarkan juga menyiapkan langkah lain seperti memotong pajak dan meminjam pulihan miliar dolar Amerika Serikat demi menyubsidi melonjaknya biaya energi .

Meski begitu kebijakan ini justru menimbulkan gejolak di pasar keuangan yang mendorong poundsterling jatuh ke level terendahnya

Diprediksi pelemahan mata uang ini akan berimbas pada naiknya harga impor barang-barang penting seperti makanan dan kebutuhan pokok lainnya.

Kondisi ini diyakini bisa semakin memperparah Inflasi di negara tersebut, hingga bisa menimbulkan krisis ekonomi akut di tengah masyarakat.

Baca Juga: Jika Resesi Global Terjadi, Bagaimana Dampaknya ke Perekonomian Indonesia?

Sebagai informasi, Resesi ini bukan kali pertama bagi Inggris. Peristiwa serupa yang sebabkan ekonomi inggris terpuruk juga pernah terjadi sebelumnya, salah satu contohnya adalah The Great Depression.

The Great Depression adalah sebuah peristiwa menurunnya tingkat ekonomi yang terjadi secara dramatis di seluruh dunia yang terjadi mulai tahun 1929 dan berlangsung selama sekitar 10 tahun.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Sedang Turun, Yuk Mulai Nabung Emas

Selasa, 22 November 2022 | 09:11 WIB
X