Bikin Ketar Ketir! Harga BBM Berubah Lagi 1 Oktober, Naik atau Turun?

- Kamis, 29 September 2022 | 06:59 WIB
Ilustrasi  (Pexels.com/sergio souza)
Ilustrasi (Pexels.com/sergio souza)

HARIAN HALUAN - Harga minyak mentah dunia memasuki tren penurunan. Berdasarkan data Bloomberg pada Rabu, 28 September 2022 harga minyak mentah dunia jenis Brent untuk kontrak pengiriman November 2022 turun 1,24% ke level US$ 85,20 per barel.

Sementara selain jenis Brent, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman November 2022 turun 1,24% ke level US$ 77,53 per barel.

Baca Juga: Luhut Sebut Pemerintah Indonesia Bakal Setop Produksi Mobil BBM

Harga minyak mentah dunia tersebut menjadi acuan badan usaha untuk menentukan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Sejatinya, di Indonesia sendiri, pada saat harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan di atas US$ 100 per barel, harga BBM turut mengalami kenaikan, nah sewajarnya ketika harga minyak mentah dunia turun, harga BBM juga ikut turun.

Biasanya, sejumlah badan usaha penyalur BBM di Indonesia melakukan penyesuaian harga BBM setiap bulannya mengikuti fluktuasi harga minyak mentah dunia tersebut. Adapun penyesuaian harga dilakukan per tanggal 1.

Baca Juga: Pilih BBM Sesuai Spesifikasi Kendaraan, Mesin Jadi Lebih Awet

Lantas apakah dengan adanya penurunan tren harga minyak mentah yang terjadi saat ini, akan membuat harga BBM di dalam negeri turun pada 1 Oktober mendatang?

Sebagai badan usaha yang ditugaskan menyalurkan BBM di masyarakat, PT Pertamina (Persero) kemungkinan akan turut melakukan penyesuaian harga di tengah tren penurunan harga minyak mentah dunia ini.

Sejatinya hal ini sudah dilakukan untuk produk BBM non subsidi beberapa waktu lalu yang mengalami penurunan harga.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Sedang Turun, Yuk Mulai Nabung Emas

Selasa, 22 November 2022 | 09:11 WIB
X